249 WNI Bakal Dipulangkan dari Wuhan, Pemerintah Rahasiakan Lokasi Karantina

Jumat, 31 Januari 2020 22:22

Husnia, salah satu mahasiswi Unesa Surabaya yang terisolasi di Wuhan. Foto : Pojokpitu

FAJAR.CO.ID — Sebanyak 249 Warga Negara Indonesia (WNI) akan dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok, dalam waktu dekat. Pesawat penjemput yang disiapkan pemerintah akan terbang kurang dari 24 Jam.

Mereka dipulangkan karena penyebaran virus Korona terus meluas di wilayah Wuhan. Nanti setibanya di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan seluruh WNI itu akan dikarantina lebih dahulu di suatu tempat yang belum boleh disebutkan.

“Yang jelas lokasinya (karantina) bukan di RS. Isolasi dilakukan untuk yang positif tertapapar virus korona. Kami tidak menutupi (lokasinya) tetapi ini semua masih dalam pembicaraan dan opsi-opsinya masih terbuka lebar,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan dr. Wiendra Waworuntu, dalam konferensi pers, Jumat (31/1).

Menurut Wiendra, WNI yang dievakuasi dipastikan akan berada di lokasi karantina selama 14 hari. Salah satu opsi yang sempat disebutkan adalah di sebuah asrama. Tentunya dengan fasilitas dan tim medis yang bersiaga.

“Ada petugas medisnya, perawat, dokter spesialis, obgyn, dokter jiwa, ahli gizi, dan lainnya. Sekitar 20 orang. Tim medis itu juga yang sebelumnya ikut di pesawat dari Wuhan. Mungkin jumlahnya ditambah untuk pergantian shift,” jelas Wiendra.

Bagikan berita ini:
10
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar