Ini Skenario Pemulangan WNI Mulai di Tiongkok hingga Tiba di Indonesia


FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok, segera dilakukan. Rencananya, besok (1/2) pesawat carter melakukan misi penjemputan. Setidaknya ada 243 WNI di kota yang saat ini diisolasi karena mewabahnya virus korona tersebut.

Presiden Joko Widodo menegaskan, sejak awal pemerintah memiliki opsi untuk memulangkan para WNI tersebut.

Hanya, memang ada prosedur yang harus dilalui untuk bisa mengevakuasi mereka. Langkah-langkah evakuasi secara detail dibahas menjelang sore di kantor Kementerian Sekretariat Negara kemarin (30/1).

”Masuknya nanti (ke Wuhan) seperti apa. Kemudian setelah dibawa ke sini apakah ada karantina dalam jumlah banyak itu di mana,’’ ujarnya setelah membuka rakornas Kemenristek di Puspiptek Serpong kemarin.

Menurut presiden, proses evakuasi tidak bisa dianggap enteng dan asal dilakukan. ”Harus disiapkan betul karena ini menyangkut, sekali lagi, virus,’’ tegasnya.

Jokowi mengakui, ada pelibatan TNI dalam proses evakuasi. Yang paling siap saat ini, kata dia, memang TNI dari divisi kesehatan. ’’Dan, mereka (TNI) menyatakan sudah siap,’’ tutur dia.

Dengan kata lain, pemerintah tinggal memutuskan langkah selanjutnya sembari melihat perkembangan di Wuhan. Sebab, bagaimanapun kawasan tersebut merupakan teritori negara lain. Ada aturan yang harus diikuti Indonesia meski untuk mengevakuasi warganya sendiri.

Menlu Retno Marsudi setelah rapat di Kemensesneg enggan berbicara mengenai keputusan dalam rapat lintas kementerian itu. Dia berdalih harus melapor kepada presiden terlebih dahulu.

Komentar

Loading...