KPK Dalami Dugaan Yosanna Laoly Halangi-halangi Penyidikan Harun Masiku


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menganalisis laporan Indonesia Corruption Watch (ICW) dan sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya, yang mengadukan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly yang diduga merintangi penyidikan.

“Sudah dikaji, kemudian sedang dianalisis,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/1).

Fikri mengatakan, laporan ICW telah diterima Direktorat Pengaduan Masyarakat (Dumas).

Saat disinggung sudah sejauh mana KPK menemukan adanya dugaan merintangi penyidikan dari kasus itu, Fikri mengaku belum bisa membahasnya.

“Informasi terakhir dari Dumas sedang dilakukan analisa lebih lanjut terkait laporan-laporan itu,” kata dia.

Seperti diketahui, sejumlah LSM yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi melaporkan Yasonna ke KPK, Kamis (23/1).

Yasonna dilaporkan lantaran diduga merintangi proses penyidikan kasus dugaan suap penetapan pengganti antarwaktu anggota DPR terpilih 2019-2024.

Mereka menilai Yasonna telah menyampaikan informasi sesat terkait keberadaan Caleg PDIP Harun Masiku, yang telah berstatus tersangka yang hingga kini masih buron.

Yasonna menyebut Harun Masiku telah keluar dari Indonesia sejak 6 Januari dan belum kembali. Namun, ternyata Harun sudah kembali ke Indonesia pada 7 Januari tapi tidak segera ditindaklanjuti oleh Kemkumham. (jpnn/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...