Fisip Unhas Usulkan OPD Pemprov Sosialisasikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Sabtu, 1 Februari 2020 18:50

FOTO: HUMAS PEMPROV SULSEL

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin merekomendasikan kepada Gubernur Sulsel agar organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemprov Sulsel melakukan sosialisasi Pancasila.

“Kita mengharapkan Kepala OPD itu, membawakan makalah dalam sebuah seminar khusus yang dibawakan dan dilaksanakan oleh OPD bersangkutan dan dijabarkan bagaimana fungsi OPD itu berwawasan Pancasila,” kata Dekan Fisip Unhas, Prof Armin Arsyad.

Lanjut, Armin, setelah semua OPD melakukan hal itu, kemudian ditulis serta didokumentasikan sesuai dengan tupoksinya terhadap penerapan wawasan kebangsaan tersebut, selanjutnya akan dibukukan oleh Fisip Unhas.

“Tujuannya, bahwa ini Provinsi Sulsel pelaksanaan tugas dan fungsinya sudah berwawasan Pancasila,” sebutnya.

Hal itu disampaikan, Armin saat melakukan audiensi mengundang Gubernur Nurdin menghadiri Dies Natalis Fisip ke-59.

Sementara itu, Sekjen IKA Fisip Unhas yang juga Anggota DPRD Sulsel, Rahman Pina menyebutkan, bahwa Wawasan Kebangsaan ini terdapat dalam Permendagri.

“Wawasan Kebangsaan ini ada Permendagri yang mengharuskan seluruh OPD. Bahwa seluruh kegiatan itu ada sosialisasi Wawasan Kebangsaan. Dalam konteks itu Fisip Unhas yang menyiapkan tim pematerinya,” jelasnya. (rls)

Komentar