Mubes IKM Parepare, NA: Wadah Mengikat Persaudaraan

Sabtu, 1 Februari 2020 14:06

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah membuka secara resmi Musyawarah Besar Ke-V Ikatan Keluarga Masyarakat Parepare (IKM) Parepare di Hotel Dalton Makassar, 1 Februari 2020.

Hadir juga Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe, Wali Kota Makassar, M Iqbal Suhaeb dan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Seminar yang mengangkat tema: Mengikat Persaudaraan Menggapai Harapan Parepare Maju. Juga mengagendakan Pemilihan Ketua IKM periode selanjutnya.

Gubernur Sulsel, yang juga merupakan putra kelahiran Parepare 56 tahun silam ini mengatakan, peran warga dan masyarakat kota yang berbatasan dengan Kabupaten Barru, Pinrang dan Sidrap ini sangat dibutuhkan.

“Saya berharap dari semua warga Parepare saya minta dukungan dan kami bersama putra terbaik Parepare punya tanggaung jawab. Mari kita saling menopang dan saling support. Hanya dengan itu kita bisa bekerja dengan baik untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa ini,” kata diakhir sambutan.

Sedangkan, Ketua IKM Parepare, Syamsul Alam Mallanrangeng mengatakan, selain dihadiri kepala atau pemimpin daerah kelahiran Parepare, juga dihadiri 48 guru besar, dan seniman.

Syamsul menyatakan, ikatan ini adalah sebuah lembaga paguyuban masyarakat yang bersifat kekeluargaan yang tidak hanya dilatar belakangi oleh hubungan kekerabatan belaka, tapi jauh lebih luas yaitu, sebuah proses kulturasi masyarakat karena pernah hidup berdiam/bertempat tinggal di Parepare yang merasakan sebuah nilai pembudayaan yang melekat terpatri dengan Masyarakat Parepare berlangsung turun temurun.

Mereka selalu bangga mengakui dirinya sebagai orang Parepare dan atau bangga disebut sebagai orang Parepare walaupun sesungguhnya sudah bukan lagi penduduk Parepare. Mereka adalah diaspora Parepare karena sudah berdiam diluar teritori Parepare.

“Setiap kita ketemu, Presiden Habibie selalu menyampaikan kebangganya tentang Parepare,” ujarnya.

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI