Berikut 5 Tips Dasar DJ Pemula

Senin, 3 Februari 2020 16:50

FAJAR.CO.ID – Tidak sedikit anak-anak muda yang berniat menjadi seorang Disc Jockey (DJ). Biasanya, niat ini diawali oleh kecintaan mereka pada Electro Dance Music (EDM) yang begitu populer dalam beberapa tahun belakangan.

Kehadiran para DJ andal di belantika musik dunia juga semakin menaikkan harkat jenis musik EDM di blantika musik internasional, tak terkecuali di Indonesia.Sosok DJ Tiesto, David Guetta hingga Calvin Harris membawa musik EDM dengan ciri khasnya masing-masing.

Hal ini membuat banyak anak muda tidak hanya ingin mendengarkan musiknya saja, tetapi perlahan juga ingin mencoba menjadi seorang DJ yang mampu membuat musik-musik keren. Berikut adalah 5 tips dasar bagi DJ pemula, yang patut kamu terapkan:

1.  Pilih genre favoritmu bagi kamu penikmat music EDM, pasti ada satu dari sekian genre yang menjadi favoritmu. Nah, pilih satu genre tersebut untuk kamu tekuni. Ingat, ketika kamu mengerjakan apa yang kamu suka, maka kamu akan enjoy melakoninya. Trance, Dub, House, Hip-hop, Electro, Moombhaton, atau Trap. Apa nih yang jadi genre favoritmu?

2.  Tempo adalah segalanya. Pelajari sebelum mengotak-atik lagu untuk diremix, kamu perlu kuasai dulu tempo yang umumnya dihitung berdasarkan beats per minute (BPM). Contohnya, house music itu berada di kisaran 120-132 BPM, sedangkan dance hall berada di sekitar 100-115 BPM, atau hip-hop memiliki kisaran 130-200 BPM.Hal dasar ini menjadi amat penting agar memudahkan kamu dalam nge-mix beberapa lagu menjadi satu kesatuan. 

Komentar