Ekspresi Khofifah Indar Parawansa Saat Membawa Foto Gus Solah

Senin, 3 Februari 2020 15:52

FAJAR.CO.ID, SIDOARJO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan jenazah KH. Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Solah, di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Senin (3/2).

Saat kedatangan jenazah, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe Prasetja Boedi sempat membawa peti jenazah. Sedangkan Khofifah membawa foto almarhum. Tampak Khofifah tak bisa menyembunyikan kesedihannya.

“Saya merasa kehilangan sosok Gus Solah, banyak hal yang tanpa woro-woro yang tidak ter-publish. Seperti para romo dan juga pendeta yang datang dari berbagai negara yang mendapat pelajaran, keilmuan Islam (dari Gus Solah) supaya mereka mengenali kondisi pesantren Indonesia,” Khofifah.

Ia mengatakan, sosok Gus Solah juga membangun perspektif tokoh agama dunia bagaimana Islam diajarkan di pesantren di bawah naungan Nahdlatul Ulama.

“Tidak sekadar itu, Gus Solah dengan Pondok Pesantren Tebuireng juga berdiri di provinsi lain seperti Papua, Aceh, Riau, Bengkulu yang ingin memajukan kemandirian,” katanya.

Khofifah pun sempat mengenang perbedaan Gus Solah dan saudaranya Gus Dur. Menurut dia, Gus Dur sering menjadi pembicara internasional, maka Gus Solah sering mendatangkan narasumber internasional.

“Selain itu, untuk menumbuhkan perekonomian, (Gus Solah) membuat perguruan tinggi yang memiliki teknologi informasi serta meningkatkan persatuan dan kesatuan,” katanya. (ant/jpnn/fajar)

Komentar