Gus Solah Dimakamkan Berdampingan Pusara Gus Dur

Senin, 3 Februari 2020 10:04

FAJAR.CO.iD, JOMBANG– Jenazah KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Solah bakal dikebumikan di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur pada Senin (3/2). Rencananya, jenazah Gus Solah bakal dikebumikan di samping pusara kakaknya, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Yang kosong di sekitar situ, kelihatannya di samping Gus Dur,” kata Irfan Asy’ari Sudirman Wahid di rumah duka, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2) dini hari WIB.

Pria yang akrab disapa Ipang Wahid itu menyampaikan, jenazah akan diterbangkan menuju Bandara Juanda, Surabaya dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB.

“Pukul 08.30 kita jalan, mudah-mudahan bisa take off pukul 10.00 WIB. Kawan-kawan banyak membantu menyiapkan pesawat untuk keluarga dari Halim. Jadi dari Halim sekitar pukul 10.00 WIB dan diperkirakan mendarat di Surabaya, Bandara Juanda, pukul 11.30 WIB. Terus dari sana ke Jombang, mudah-mudahan sampai di Pesantren Tebu Ireng pukul 14.00 WIB,” ucap Ipang.

Semula dijadwalkan akan terbang menggunakan Hercules milik TNI AU, namun karena tengah bekerja membawa WNI dari Tiongkok yang diterbangkan dari Batam ke Natuna, sehingga harus diganti dengan pesawat lain.

“Tadi dari Pak Pratikno kontak saya untuk menggunakan Sesmil, menyediakan CN 295. Karena Hercules dipergunakan untuk Natuna banyak ya, terus kemudian dari Lion Group membantu satu pesawat. Jadi kami memutuskan untuk satu pesawat saja yang CN kita nggak jadi pakai, karena kapasitasnya cuma 20 penumpang. Jadi satu pesawat pakai Lion” terang Ipang.

Komentar


VIDEO TERKINI