Ifan Wahid Ungkap Perbincangan Terakhir dengan Gus Solah

Senin, 3 Februari 2020 08:25

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Anak laki-laki satu-satunya almarhum KH Salahuddin Wahid Irfan Asy’ari Sudirman Wahid mengungkapkan sejumlah pesan ayahnya sebelum menghembuskan nafas terakhir. Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang kerap disapa Gus Solah itu sempat mengalami masa kritis usai menjalani operasi selaput jantung di RS Harapan Kita, Jakarta.

Ipang sapaan akrba Irfan Wahid mengatakan, almarhum ayahandanya sempat berbicara terkait keumatan kepadanya. Termasuk soal kampus hingga pondok pesantren Tebu Ireng.

“Bapak (Gus Solah) selalu berpikir tentang keumatan, jadi tentang pondok ke depannya bagaimana, pesantrennya bagaimana, kampusnya bagaimana, Tebu Ireng bagaimana,” kata Ipang di RS Harapan Kita, Jakarta, Minggu (2/2).

Bahkan, Ipang juga mengaku, saat ini dirinya tengah menggarap film untuk Ayahanda. Film itu bertajuk ‘Jejak Langkah 2 Ulama’ yang dikerjakan bersama-sama PP Muhammadiyah

“Sampai terakhir ini sebetulnya kita sedang membuat film jejak langkah dua ulama, bersama PP Muhammadiyah,” ungkap Ipang.

Ipang menuturkan, jenazah Ayahandanya bakal diterbangkan dari dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin (3/2) besok sekitar pukul 09.00 WIB. Rencananya bakal dikebumikan di pondok pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

“Jam 9 kita sudah ke Bandara Halim mungkin tadi lagi di pikirkan mungkin akan dibantu oleh Panglima TNI, dengan menggunakan pesawat Hercules. Terus kami kesana diperkirakan jam 11.00 dari Surabaya langsung ke Jombang ke Tebu Ireng,” terang Ipang.

Komentar