Karantina WNI Asal Wuhan, Menkes Terawan Buka Kantor di Natuna

Senin, 3 Februari 2020 14:48

Bebas Visa dan Penerbangan Distop

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah akhirnya mengambil langkah konkret menghadapi wabah 2019-nCoV. Kebijakan bebas visa kunjungan untuk warga Tiongkok dihentikan. Begitu pula dengan penerbangan dari dan menuju Tiongkok.

Hal itu diputuskan dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin (2/2). Ada beberapa poin yang disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Dia menjelaskan, penghentian penerbangan langsung dari dan menuju daratan Tiongkok berlaku mulai Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB.

Kebijakan tersebut diikuti dengan larangan masuk bagi turis Tiongkok ke Indonesia walau sekadar transit. Itu berlaku untuk semua pendatang yang tiba dari daratan Tiongkok dan sudah berada di sana selama 14 hari.

Pemerintah juga menghentikan fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrivals untuk warga Tiongkok. ”Pemerintah juga meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland RTT,” tegas Menlu Retno Marsudi. Kebijakan itu bersifat sementara hingga situasi di Tiongkok kondusif. (jpc/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI