Menkes Terawan Sebut 34 Sampel Darah Negatif Corona

Senin, 3 Februari 2020 15:13

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto mengatakan, pihaknya telah memeriksa 34 sampel darah yang diduga terkena Virus Korona. Namun setelah diperiksa menurut Terawan, semuanya negatif. Artinya dari 34 sampel darah tersebut tidak ada yang terinveksi virus yang berasal dari kelelawar tersebut.

‎”Jadi tidak ditemukan yang positif terkena Virus Korona pada 34 sampel yang diperiksa‎,” ujar Terawan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/2).

Terawan mengatakan sampel tersebut dikeluarkan tertanggal 2 Februari. Sehingga sampai saat ini tidak ada yang terjangkit Virus Korona. Karena hasil dari 34 sampel darah tersebut semuanya negatif.

“Mendapatkan hasil 34 negatif di mana di antara 34 sampel diuji terdiri dari 27 WNI dan 7 warga negara asing,” katanya.

Pemeriksaan sampel darah tersebut d‎ilakukan oleh Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Pusat Kesehatan oleh Kementerian Kesehatan. Laboratorium tersebut sudah terakreditasi oleh World Health Organization (WHO).

“Seperti kita ketahui bahwa Puslitbang Biomedis Balitbangkes merupakan sebuah laboratoruim BSL3 yang terakreditasi oleh WHO dan juga pedoman pengamanan untuk virus ini kita sudah punya sejak Desember 2019‎,” ungkapnya.

Diketahui, dilansir dari situs resmi World Health Organization‎ (WHO), virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS.

Komentar