Terobosan Baru, Satlantas Polres Maros Imbau Warga Urus Smart SIM

Senin, 3 Februari 2020 14:04

FAJAR.CO.ID,MAROS — Smart Surat Izin Mengemudi ( Smart SIM) atau SIM pintar mulai hadir di Kabupaten Maros.

Olehnya itu Kepolisian Resort (Polres) Maros melalui Satuan Lalu Lintas menghimbau masyarakat agar mengurus Smart SIM di Kantor Satlantas Polres Maros. Apalagi ini merupakan terobosan baru.

Kasat Lantas Polres Maros, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Amaliah Normadia menjelaskan, Smart SIM berbeda dengan SIM yang selama ini telah diterbitkan.

Smart SIM, kata dia, merupakan terobosan baru yang memiliki beberapa kelebihan dari fitur-fitur yang disediakan.

“Jadi kelebihan dari SIM ini diantaranya bisa menjadi uang elektronik, merekam bobot pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang terkoneksi dengan data tilang elektronik dan data KTP elektronik,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata dia, fitur lainnya yang nantinya juga akan menjadi kelebihan Smart SIM yakni sebagai uang elektronik.

“Kita akan bekerja sama dengan sejumlah bank pemerintah, seperti Bank Mandiri, BRI, dan BNI. Sehingga nantinya ini bisa menjadi uang elektronik,” jelasnya.

Dalam jangka 6 bulan ke depan, Smart SIM diperkirakan akan efektif dapat digunakan membayar pas masuk jalan tol, dan bisa juga dipakai belanja oleh pemiliknya dengan saldo maksimal Rp 2 juta.

“Calon pengemudi yang belum memiliki SIM dapat langsung mengajukan permohonan Smart SIM. Sedangkan bagi pemilik lama dapat memiliki Smart SIM tersebut ketika melakukan perpanjangan SIM,” katanya.

Komentar