Unifa Peringkat Sembilan Terbaik di Sulsel

Rektor Unifa Muliyadi Hamid

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Fajar (Unifa) meraih peringkat sembilan Universitas Terbaik swasta di wilayah Sulsel, menurut survei yang dilakukan oleh lembaga indeks universitas, Webometrics. Secara nasional, Unifa berada pada peringkat 384 dan 13.666 terbaik di dunia.

Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Dalam praktiknya, Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu universitas di seluruh dunia.

Adapun komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: presence (kehadiran), impact (dampak), openness (keterbukaan), dan excellence (keunggulan). Presence diukur berdasarkan jumlah web, termasuk sub domain yang ada dalam suatu universitas. Aspek impect diukur dari banyaknya backlink dari situs luar. Sedangkan openness merupakan indikator yang dinilai dari jumlah files berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx) yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas.

Terakhir ialah excellence dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika dari universitas tersebut. Unifa menerima 14.872 poin untuk presence, 1.4891 untuk impact, 6.360 untuk openness, dan 6.084 untuk excellence.

Rektor Unifa Muliyadi Hamid menyebutkan saat ini Unifa memang tengah melakukan banyak pembenahan dalam kampus, termasuk untuk website. Dengan hasil ini, menambah prestasi Unifa di awal tahun ini.

Komentar

Loading...