Virus Corona Tewaskan 361 Orang, Sehari Tembus 51 Korban

Senin, 3 Februari 2020 11:14

FAJAR.CO.ID, BEIJING– Korban tewas akibat wabah virus corona di Tiongkok terus bertambah. Data terbaru dari pemerintah setempat menyebutkan jumlah korban tewas sudah mencapai 361 orang, Senin, 3 Februari.

Sehari sebelumnya, pemerintah Filipina mengumumkan kematian warga Tiongkok di negara itu akibat virus mematikan dari Kota Wuhan itu.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan ada 57 kematian baru pada hari Minggu. Dengan demikian, total kematian secara nasional setidaknya 361, dengan 17.205 orang di seluruh negeri terinfeksi virus, setelah 2.829 kasus baru dilaporkan.

Sejumlah negara telah bergegas untuk mengevakuasi warganya dari Wuhan dan Hubei. Sementara banyak juga yang memberlakukan pembatasan perjalanan bagi para pelancong dari Tiongkok.

Dr Ali Khan, Dekan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Nebraska Medical Center, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa wabah itu adalah ujian signifikan terhadap sistem kesehatan masyarakat dunia.

“Apa yang kami miliki, bagi kami adalah langkah-langkah kesehatan masyarakat yang baik,” kata Dr Khan. “Itu berarti mengidentifikasi mereka yang sakit, membawanya ke rumah sakit yang tepat dan memastikan kami melakukan pelacakan kontak yang baik. Coronavirus ini adalah tes kesiapsiagaan darurat kemampuan kesehatan masyarakat di negara-negara di seluruh dunia,” katanya dilansir aljazeera, Senin, 3 Februari. (fajar)

Komentar