Konsumsi Sayuran Pahit Ampuh Cegah Kanker, Seperti Ini Penjelasannya

Selasa, 4 Februari 2020 13:42

FAJAR.CO.ID– Tak sedikit yang menghindari sayuran pahit seperti pare, daun pepaya, leunca, daun kenikir, arugula, dan lain-lain, apalagi jika tak tahu cara mengolahnya dengan benar.

Padahal, sayuran yang pahit sekalipun bisa membawa kebaikan bagi tubuh. Bahkan, dikatakan juga sayuran pahit bisa ampuh usir kanker.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kaitan antara sayuran pahit dengan kanker, sebaiknya kenali dulu hal-hal seputar kanker.

Hingga saat ini, penyebab tunggal munculnya kanker belum bisa dipastikan. Meski demikian, pola hidup yang tidak sehat, genetik, serta radikal bebas dipercaya memegang peranan penting dalam meningkatkan risiko kanker di kemudian hari.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, radikal bebas ini bisa muncul tanpa pernah disadari. Mulai dari lingkungan yang terkontaminasi, merokok, serta tekanan psikis seperti stres dan kurang istirahat.

“Untuk menangkal aktivitas radikal bebas ini, tubuh memerlukan antioksidan dalam jumlah cukup. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sayuran dan buah adalah dua contoh sumber makanan yang kandungan antioksidannya tinggi,” kata dr. Dyan.

Kaitan antara sayuran pahit dan kanker

Di antara seluruh jenis sayuran yang ada, dr. Dyan mengatakan, ternyata sayuran yang memiliki cita rasa pahit terbukti memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Contoh sayuran jenis ini adalah sayuran silangan (cruciferous vegetable) seperti brokoli, kale, dan brussel sprout. Antioksidan yang tinggi diyakini dapat menurunkan risiko kanker pada tubuh seseorang.

Komentar