Marak Portal Memakai Nama Fajar, Publik Jangan Terkecoh

Selasa, 4 Februari 2020 21:44

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID — Zaman yang serba digital semakin memudahkan untuk mencari dan menemukan berita online.

Sayangnya, sejumlah pihak memanfaatkan kecanggihan teknologi itu dengan membuat portal berita yang belum bisa dijadikan rujukan. Bahkan terkadang, isi portalnya sangat tidak layak jadi bacaan publik.

Lebih parah lagi, portal berita yang mereka buat terlalu kentara meniru-niru nama media yang telah terverifikasi dan diakui kredibiltasnya oleh Dewan Pers.

Dari penelusuran FAJAR.CO.ID, ada dua portal berita yang meniru-niru nama Harian Fajar. Masing-masing fajarinfoonline dan Berita Fajar Timur. Keduanya pun berisi tulisan yang sangat jauh dari pakem media yang sudah terverifikasi dan diakui publik.

Menanggapi hal itu, Pimpinan Redaksi Harian FAJAR, Arsyad Hakim, menegaskan bahwa kedua portal tersebut sama sekali tidak ada kaitan dengan Fajar Grup.

Untuk itu, kata dia, publik jangan sampai terkecoh. “Jika ada praktik-praktik di luar kerja jurnalistik, laporkan saja ke pihak berwajib. Maraknya portal seperti ini, bisa merusak profesi wartawan,” ujarnya.

Arsyad Hakim juga menegaskan, portal yang mengambil berita, foto, dan video tanpa seizin Fajar National Network (FNN) akan dituntut secara hukum. (sam)

Komentar