4 Debut Terbaik untuk Transfer Januari

Rabu, 5 Februari 2020 16:51

Selebrasi emosional Steven Bergwijn/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Bursa transfer Januari sudah ditutup akhir pekan lalu. Sejumlah pemain yang pindah klub pun sudah pamer kehebatan dalam laga debut mereka di liga-liga top Eropa. Siapa saja mereka?

DEBUTAN jempolan pertama jelas adalah Erling Haaland. Pada laga perdananya bersama Borussia Dortmund yang membelinya dari RB Salzburg, remaja 19 tahun itu langsung mencetak hattrick ke gawang Augsburg di Bundesliga, Jerman.

Start hebat wonderkid Norwegia berlanjut di dua penampilan berikutnya. Menghadapi F Koln dan Union Berlin, pemain kelahiran 21 Juli 2000 itu kembali menunjukkan insting monsternya dengan mencetak empat gol.

Tujuh gol dalam tiga pertandingan awal menjadi rekor baru di Bundesliga. Dan jika berkaca pada sepak terjangnya sejak masih di Salzburg, catatan impresif Haaland yang sejauh ini baru bermain 136 menit jelas bukan sebuah kebetulan.

Saat masih di Austria, ia mencetak 16 gol dan menyumbang empat assist hanya dalam 14 pertandingan Bundesliga. Selain itu, ia juga melesakkan delapan gol dalam enam pertandingan fase grup Liga Champions UEFA, termasuk hattrick ke gawang Genk.

Melihat naluri, penempatan posisi, dan kemampuannya dalam duel udara, tak berlebihan jika Dortmund mulai percaya diri lagi dalam persaingan gelar Bundesliga. Apalagi, putra mantan bintang Norwegia dan Manchester City, Alf-Inge Haaland itu sudah menegaskan belum dalam kondisi terbaiknya.

Haaland yang mencetak tujuh gol dalam delapan tembakan tepat sasaran mengatakan, ia masih harus memperbaiki tingkat kebugarannya. “Saya masih belum seratus persen. Saya harus lebih bugar,” tegas Haaland di Sports Finding.

Bek tengah Union Berlin, Neven Subotic menyebut Haaland yang sempat diburu Manchester United dan Juventus memang sangat menakutkan. “Ini adalah kombinasi dari Lewandowski dan Aubameyang,” puji Subotic.

Paco Alcacer yang harus keluar dari Signal Iduna Park menyusul pembelian Haaland juga melakoni debut hebat di klub barunya, Villareal. Di laga perdananya kontra Osasuna, Alcacer mencetak gol pembuka dan membantu Tim Kapal Selam Kuning menang 3-1.

Selain gol, eks penyerang Barcelona dan Valencia itu juga menjadi pemicu penalti Villareal yang dieksekusi Santi Cazorla. “Paco tidak bisa memiliki debut yang lebih baik, menentukan dengan gol dan penalti. Saya yakin dia akan memberi banyak hal pada kita tahun ini,” kata Pelatih Villareal, Javi Calleja.

Di Inggris, Steven Bergwijn yang baru dibeli dari PSV Eindhoven tak ingin kalah dalam pertunjukan pertamanya di Tottenham Hotspur Stadium. Ia memberi testimoni hebat untuk kehadirannya di Premier League dengan mencetak gol debut indah ketika Spurs menghajar Manchester City dengan skor 2-0 di London, awal pekan lalu.

“Steven mencetak gol luar biasa dan melakukan pekerjaan dengan baik. Itu emosional karena itu adalah gol pertamanya. Saya sangat senang bagi Steve untuk mencetak gol pada debutnya. Itu layak dan emosi yang ditunjukkannya tampak hebat,” ujar penyerang Spurs, Heung-min Son di Sky Sports.

Pertunjukan hebat debutan juga dinikmati pencinta Ligue 1 Prancis. Penyerang baru Lyon yang baru dipinjam dari Villareal, Karl Toko Ekambi di penampilan perdananya langsung mencatatkan namanya di papan skor ketika klubnya menang 3-0 atas Toulouse.

“Ketika Anda tiba di tim baru, Anda memimpikan ini (mencetak pada debut). Terutama ketika Anda seorang striker, Anda bermimpi mencetak gol pertama dan itu terjadi. Saya sangat senang dengan itu,” jelas Toko Ekambi kepada Foot Mercato.

Walau tak mencetak gol, beberapa debutan lain juga tampil memukau dalam penampilan perdananya. Christian Eriksen dan Victor Moses yang baru tiba di Inter Milan misalnya. Hanya beberapa jam setelah bergabung di Giuseppe Meazza, mereka berhasil membantu timnya melenggang ke semifinal Coppa Italia dengan mengalahkan Fiorentina.

Setelah itu, Eriksen dan Moses menjadi bagian dari sukses Inter mengakhiri rentetan tiga laga tanpa kemenangan mereka di Serie A dengan mengalahkan Udinese Senin lalu. Menurut Pelatih Inter, Antonio Conte, dengan hanya lima hari berlatih, Eriksen sudah membuat dampak positif. (amr)

DEBUTAN JEMPOLAN

Erling Haaland

Klub asal: RB Salzburg (Bundesliga/Austria)

Klub baru: Borussia Dortmund (Bundesliga/Jerman)

Catatan debut: mencetak 3 gol

Paco Alcacer

Klub asal: Borussia Dortmund (Bundesliga/Jerman)

Klub baru: Villareal (La Liga/Spanyol) Catatan debut: mencetak 1 gol

Steven Bergwijn

Klub asal: PSV Eindhoven (Eredivisie/Belanda)

Klub baru: Tottenham Hotspur (Premier League/Inggris)

Catatan debut: mencetak 1 gol

Karl Toko Ekambi

Klub asal: Villareal (La Liga/Spanyol)

Klub baru: Lyon (Ligue 1/Prancis)

Catatan debut: mencetak 1 gol

Christian Eriksen

Klub asal: Tottenham Hotspur

Klub baru: Inter Milan

Prestasi debut: meloloskan Inter Milan ke semifinal Coppa Italia

Victor Moses

Komentar