Milad HMI ke-73, Muhammad Fauzi: Saatnya Pengaderan Lebih Milenial

Rabu, 5 Februari 2020 14:36

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua KAHMI Luwu Utara yang juga Anggota DPR RI Muhammad Fauzi ikut merayakan milad Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-73 pada 5 Februari 2020, hari ini.

Suami Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani itu mengatakan, kaderisasi di tubuh HMI adalah hal yang perlu mendapat perhatian serius saat ini. Meski tidak harus mengubah substansi pengaderan, pendekatan dinilai perlu lebih milenial.

“Tinggal perlu edukasi teknis atau cara pengaderannya, mulai dari saat rekrutmen, kemudian saat pelaksanaan, dan saat pendalaman. Tahapan-tahapan ini harus disinergikan dengan kondisi calon kader yang milenial saat ini,” katanya.

Menurutnya, hampir semua organisasi sekarang ini mengalami degradasi dalam hal pengaderan. Jika diibaratkan produk, setelah fase perkenalan, pertumbuhan dan pengembangan, kini memasuki fase penurunan.

“Saat seperti inilah dibutuhkan inovasi dalam hal pengembangan. Begitulah juga di HMI, butuh inovasi dan pendekatan baru yang tentu saja tidak keluar dari kerangka tujuan HMI didirikan,” jelasnya.

Selain pengaderan, Fauzi juga berharap peran para kader untuk bisa bersaing di tengah-tengah masyarakat dengan selalu memperkaya diri dengan khasanah yang bermanfaat.

“Perkaya khasanah alam pikir dengan ilmu yang berguna bagi kita dan masyarakat dan jangan lupa Islam sebagai sumber inspirasi kita dalam berorganisasi dan bermasyarakat,” katanya.

Terakhir, pembinaan kader dengan visi wirausaha juga dinilai sudah harus dipertimbangkan. Di era persaingan yang semakin terbuka, HMI sudah sepatutnya memasukkan komponen kewirausahaan dalam melakukan pengaderan.

Komentar