TKI Positif Terinfeksi Corona, Pemerintah Imbau Tak Kunjungi Singapura

Rabu, 5 Februari 2020 16:16

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Satu Warga Negara Indonesia (WNI) di Singapura positif terkena virus Korona. Dia adalah Asisten rumah Tangga (ART) yang tertular oleh majikannya yang juga positif virus Korona jenis baru dari Wuhan, Tiongkok.

Menanggapi hal ini, tentunya pemerintah Indonesia semakin memperketat pintu-pintu masuk perbatasan dengan Singapura. Salah satunya bandara dan pelabuhan, mengingat transit dari Singapura ke Batam jaraknya sangat dekat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes menjelaskan untuk para pekerja migran yang bekerja di negara terdampak virus, tentunya perlu bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk menyiapkan segala sesuatu kebijakan. Misalnya dengan membatasi pintu-pintu penerbangan atau pelabuhan. Sebab virus tersebut sudah menular dari manusia ke manusia.

“Kasus di Singapura berbeda. Penularannya berbeda. Tapi kita waspada. Prosedur tetap kekarantinaan penting. Bagi traveler yang sering bolak-balik pun tetap diberikan dari pintu masuk di negara kita,” kata Wiendra.

Kemenkes terus memantau pergerakan dari orang per orang termasuk lewat jalur laut seperti kapal feri. Bahkan di pelabuhan saja, awak kapal dari Tiongkok pun tak boleh turun menurunkan barang-barang.

“Bukan cuma orang lalu lalang. Yang dari Tiongkok saja kapal besar, kapal barang, awaknya enggak dikasih turun. Itulah pemantauan dan kami sangat ketat,” tegasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI