Jappa Jokka Cap Go Meh, Meriah dengan Karnaval Kolaborasi Cinta Indonesia

0 Komentar

Wayang asal negeri Taiwan ikut meramaikan arak-arakan pawai Cap go Meh di Jalan Surya Kencana Bogor, Sabtu (11/2). (Sofyansyah/Radar Bogor/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Perayaan Cap Go Meh Makassar kembali dimeriahkan dengan kegiatan pesta rakyat “JAPPA JOKKA” di sepanjang Jalan Sulawesi, Sabtu, 8 Februari 2020 mendatang mulai pukul 15.00 Wita sampai dengan 24.00 Wita.

Acara yang digagas pemerintah Kecamatan Wajo bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Makassar ini, dikemas lebih menarik dari tahun sebelumnya. Menghadirkan pawai karnaval bertema “Kolaborasi Cinta Indonesia”.

JAPPA JOKKA Cap Go Meh Makassar 2571/2020 digelar lebih pagi dari biasanya yang berlangsung sejak sore hingga malam hari. Kegiatan Jappa Jokka dimulai dengan parade masyarakat menggunakan baju adat empat etnis yang ada di Sulsel. Kemudian ada arak-arakan Barongsai, Parade Naga Langit, dan juga karnaval kostum Thiongkok.

“Kali ini kita menggelar acara lebih meriah dengan durasi kegiatan yang lebih lama. Tahun ini kita didukung Dinas Kebudayaan Kota Makassar,” ungkap Camat Wajo, Ansar dalam siaran rilisnya Sabtu lalu.

Ansar melanjutkan, JAPPA JOKKA semakin menarik dan berbeda karena kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi budaya tahunan yang sudah digelar selama 20 tahun secara mandiri. Setiap tahun kegiatan ini ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai sudut wilayah Sulsel.

“Data panitia visitor tidak pernah kurang dari 35 ribu orang,” lugas Ansar.

Ansar mengharapkan tahun JAPPA JOKKA lebih meriah, adanya konten baru pawai budaya bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kota Makassar menjadi nilai magnet baru event tersebut. Khusus pawai budaya “Kolaborasi Cinta Indonesia” diprediksi akan melibatkan kurang lebih 1.000 peserta karnaval.

Kepala Bidang Kekayaan Budaya Dinas Kebudayaan Kota Makassar, A. Indrawati BR mengatakan pihaknya mendukung JAPPA JOKKA Cap Go Meh Makassar dengan alasan sebagai bagian dari menjaga kekayaan budaya Indonesia.

“Kita memberi apresiasi pada kegiatan tahunan yang sudah 20 kali digelar secara mandiri ini. Untuk itu tahun ini kita akan terlibat, memberi warna baru dengan menghadirkan parade budaya Indonesia,” kata Indrawati.

Indrawati menambahkan dirinya akan menghadirkan parade kostum budaya etnis Sulsel, Gandrang to Riolo, Reog Ponorogo, dan Pepe Pepe Ka Ri Makka. “Kita siap memeriahkan JAPPA JOKKA Cap Go Meh 2020, agar menjadi destinasi wisata budaya baru di Makassar,” paparnya.

Cap Go Meh sendiri merupakan tradisi turun temurun masyarakat Cina yang menjadi penutup rangkaian Tahun Baru Imlek 2571/2020. Biasanya Cap Go Meh jatuh di hari ke-15 setelah Imlek dan dirayakan dengan sebuah perayaan besar-besaran di seluruh Indonesia. (*/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...