Juventus Tertarik Duetkan Ronaldo dan Messi, Penghasilan Messi Rp17,4 Miliar per Minggu

Kamis, 6 Februari 2020 23:32

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi/EPA

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Direktur olahraga Barcelona, Eric Abidal mungkin tidak memprediksi kehebohan yang akan dia sebabkan setelah dia mengkritik sikap beberapa pemain Barcelona. Ia juga mungkin tidak menyangka Lionel Messi akan membalas komentarnya di Instagram dan sekarang ada laporan bahwa Abidal bisa dipecat.

Sementara laporan-laporan itu belum tuntas dibahas, ada desas-desus sensasional yang menghubungkan Messi dengan langkah keluar dari Camp Nou. Klausul khusus dalam kontrak kapten Argentina itu memang membebaskan ia untuk pergi di akhir musim jika ia mau.

Petinggi Barca sendiri yang pernah mengumumkan hal ini. Mereka memberi hak istimewa itu seperti halnya apa yang mereka berlakukan pada Xavi Hernandez dan Andres Iniesta yang akhirnya memanfaatkan “jatah” itu untuk meninggalkan Barca dengan gratis sebelum kontraknya berakhir.

Dan mengingat frustrasinya saat ini di Camp Nou, skenario yang tidak biasa itu terlihat, bukan mustahil terjadi. Media Italia, Gazzetta Dello Sport bahkan mengklaim bahwa Manchester United, Juventus, Manchester City, Paris Saint-Germain (PSG) dan Inter Milan semuanya tertarik pada sang super star.

Khusus Juventus, kalau klaim Gazzetta Dello Sport benar, berarti mereka punya rencana menduetkan Messi dengan superstar mereka, Cristiano Ronaldo. Ngeri membayangkan bagaimana berbahayanya Si Nyonya Tua kalau ternyata ini menjadi kenyataan.

Tetapi pertanyaannya sekarang, mampukah Juventus atau raksasa Eropa lainnya membayar Messi meskipun dia datang secara gratis? Jurnalis Belgia Kristof Terreur sebagaimana dikutip dari Give Me Sport telah mengingatkan semua orang tentang laporan dari Football Leaks beberapa tahun yang lalu. Laporan itu mengungkap tentang pendapatan Messi.

Upah dasarnya di Barcelona adalah € 60,39 juta setiap tahun. Artinya, ia menghasilkan 988.000 poundsterling atau sekitar Rp17,4 miliar per minggu. Hampir satu juta poundsterling Inggris setiap minggu. Wow. Jelas angka yang sangat besar.

Selain itu, Messi mengantongi £ 9,1 juta setiap tahun dari hak gambar, £ 13 juta setiap tahun dengan kemungkinan bonus serta £ 120 juta lainnya selama lima tahun untuk penandatanganan & biaya loyalitasnya. Ini mungkin transfer gratis tetapi menandatangani Messi bukan berarti tidak ada biaya konyol. Angkanya bahkan lebih dari £ 100 juta setiap tahun.

Mengingat Messi akan berusia 33 tahun di musim panas, sebuah klub akan berpikir ribuan kali untuk membobol rekening bank mereka dan “mengacaukan” seluruh struktur upah mereka untuk mengontraknya pada tahap akhir kariernya. Tapi, kesempatan untuk merekrut pesepakbola terhebat sepanjang masa jelas juga tidak datang setiap hari. (amr)

Komentar