Pelatih Southampton Tak Akui Kehebatan Tim Mourinho

Kamis, 6 Februari 2020 08:47

Ralph Hasenhuttl/Dean Mouhtaropoulos/Bongarts/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Manajer Southampton, Ralph Hasenhuttl , sangat kecewa dengan kekalahan anak asuhnya di markas Tottenham Hotspur dalam laga replay babak 32 besar Piala FA. Menurutnya, mereka lengah setelah unggul 2-1.

Hasenhuttl yang berbicara kepada BBC Sport mengatakan, mereka memiliki 30 menit babak kedua yang sempurna. Namun, itu tidak bisa mereka pertahankan hingga akhir laga. “Dalam 15 menit terakhir, kami tidak bertahan seperti yang kami harus lakukan,” keluhnya. Ia menyoroti performa lini belakang dan gelandangnya untuk dua gol Spurs. “Kami tidak bertahan seperti yang kami inginkan untuk gol kedua dan gol ketiga terlalu mudah, mereka berlari melalui lini tengah kami seperti tidak ada orang,” jelas Hasenhuttl. Bagi Hasenhuttl, tim asuhan Jose Mourinho tidak tampil hebat di laga ini. “Di Piala FA ini bukan tentang menjadi tim yang lebih baik, ini adalah permainan hasil dan dia (Jose Mourinho) mendapatkan hasilnya dan kami tidak. Setelah periode yang sangat sibuk, kami sekarang memiliki waktu untuk pulih,” tandasnya.

Bermain Kamis, 6 Februari, hari ini, anak asuh Jose Mourinho membuka keunggulan ketika pertandingan memasuki menit ke-12. Gol Spurs lahir dari bunuh diri bek tengah Southampton, Jack Stephens saat berusaha menghalau tendangan dari luar kotak penalti.

Southampton berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-34. Penakluk kiper Spurs, Hugo Lloris adalah Shane Long yang sukses memaksimalkan laga rebound. Meski masih saling serang, skor imbang 1-1 ini tidak berubah hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Kembali dari ruang ganti, Southampton lagi-lagi mampu merepotkan tuan rumah. Bahkan, mereka bisa berbalik memimpin di menit ke-72. Menerima umpan dari Nathan Redmond, bomber Soton, Danny Ings menaklukkan Lloris lewat tembakan melengkung dari dalam kotak penalti.

Namun, Spurs yang di laga sebelumnya mengalahkan Manchester City di Premier League mampu merespons dengan cepat. Pada menit ke-78, mereka menyamakan kedudukan lewat Lucas Moura. Menerima bola dari Dele Alli, Moura melepaskan tembakan keras ke sudut kiri gawang.

Drama kemudian terjadi di menit ke-87 ketika tuan rumah mendapat hadiah penalti. Heung-Min Son yang menerobos ke kotak penalti dijatuhkan penjaga gawang. Son sendiri yang menjadi algojo dan sukses menaklukkan kiper Angus Gunn sekaligus memastikan pertandingan berakhir 3-2.

Spurs adalah tim terakhir yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar FA Cup. Mereka selanjutnya akan berhadapan dengan klub Premier League lainnya, Norwich City pada pertandingan yang digelar awal Maret mendatang. (amr)

Komentar