Kabupaten Pertama Bentuk UPT Bank Sampah, Adnan Terima Penghargaan


FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA –Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendapatkan penghargaan dari Pusat Transformasi Kebijakan Publik (Transformasi) atas komitmennya dalam pengelolaan sampah melalui Pembetukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bank Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa.

Penyerahan tersebut diserahkan oleh Direktur Transformasi, Ethika Fitriani dan diterima langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa. Jumat, 7 Februari.

Ethika mengatakan, penghargaan ini diberikan karena inovasi Pemkab Gowa dalam membentuk UPT Bank Sampah yang merupakan satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang sudah membentuk UPT.

“Kabupaten Gowa ini yang pertama mendirikan UPT bank sampah di Indonesia. Dari 514 Kabupaten dan kota kami melihat hanya dua persen yang prioritas pada pengolahan sampah dalam pembentukan UPT salah satunya Kabupaten Gowa dan untuk kota adalah Kota Makassar,” ungkapnya.

Lebih jauh dirinya membeberkan, saat ini banyak bank sampah unit yang terbentuk namun karena tidak ada jaminan harga dan pengambilan sampah yang terjadwal, bank sampah pada tumbang karena tidak adanya UPT.

Sehingga dengan terbentuknya UPT ini akan menjamin bank sampah kecil tetap hidup yang akan membuat masyarakat jadi semangat dalam mengumpulkan dan memilah sampah terjaga.

“UPT bank sampah ini sangat penting bagi seluruh daerah. Karena kegunaan UPT akan menjamin bank sampah unit di Kabupaten Gowa tetap terjaga, dengan harga yang baik. Sehingga demikian, tidak ada lagi plastik yang dibuang ditempat sampah atau sembarangan tempat,” jelas Ethika. (bay/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar