Ramah Lingkungan dengan Gorden Botol

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pengelolaan sampah plastik di Makassar masih rendah, tanggung jawab perusahaan terhadap sampah-sampah mereka pun sangat minim. Inilah yang direspons Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel.

Mereka membuat kegiatan bertajuk "Kemitraan Menjaga Bumi", ragam barang-barang recycle seperti hiasan rumah tangga di antaranya lampu meja, tempat tisu, talenan, lukisan, dan tatakan gelas disajikan di sana. Tak ketinggalan ada desain baju pesta yang dibuat dari kantong plastik.

Selain itu yang unik, ada botol plastik bekas yang dipadukan dengan kain perca bekas yang dibuat menjadi boneka ikan. Kemudian botol dan boneka ikan dari kain bekas ini, digantung menyerupai gorden.

Banyak yang memakainya mengabadikan moment dan berfoto di lantai 2 Phinisi Point Mal, Rabu, 5 hingga 9 Februari mendatang.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Iwapi Sulsel, dr. Tronny Astriningdyah mengatakan daur ulang barang-barang bekas yang tidak gampang terurai ini membuktikan bahwa barang-barang bekas bisa diolah dan bisa bermanfaat.

Lanjutnya, pengurus Iwapi sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, sehingga Iwapi Sulsel bekerjasama dengan beberapa organisasi seperti Dekranasda Sulsel untuk membuat karya dan mendatangkan para pengrajin barang-barang bernilai jual.

"Total ada 20 titik instalasi kerajinan dan spot fto limpah plastik yang dipajang, kami juga mengundang anak-anak sekolah khususnya Smk untuk bisa datang melihat kerajinan yang bisa mereka tiru,"tuturnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...