Rektor Unhas Bangga Anak Makassar Jadi CEO Bukalapak

Jumat, 7 Februari 2020 20:09

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, menerima kunjungan dari Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak, Rachmat Kaimuddin. Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Jumat (7/2/2020) pukul 17.00 Wita .

Dalam perbincangan, CEO Bukalapak menjelaskan maksud dan tujuannya berkunjung ke Universitas Hasanuddin, dan secara khusus bertemu dengan Rektor. Menurut Rachmat, dirinya baru sebulan ditunjuk menjadi CEO Bukalapak, menggantikan Achmad Zaky yang mengundurkan diri.

“Bukalapak ini adalah ekosistem marketplace yang memiliki banyak potensi. Terdapat hampir 80 juta pengguna, di mana sekitar 5 juta diantaranya adalah penjual. Setiap hari, jumlah transaksi yang berlangsung di Bukalapak mencapai 2 juta transaksi, dengan nilai transaksi sekitar 1,5 milyar per hari,” kata Rachmat.

Kedatangan Rachmat bersama rombongannya adalah untuk menjajaki kerja sama dengan Unhas, baik untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia, maupun untuk turut serta bersama-sama mengembangkan iklim kewirausahaan, terutama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kami membutuhkan seribuan tenaga IT setiap tahun. Tapi di luar itu, terdapat sekitar lima juta potensi UMKM yang perlu kita intervensi, membantu mereka menghasilkan produk berkualitas dan unggul agar dapat bersaing. Ini perlu kolaborasi bersama universitas,” kata Rachmat, pria kelahiran Makassar ini.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyambut baik kehadiran Rachmat dan rombongan. Pada kesempatan itu, turut mendampingi Rektor Unhas adalah Ketua Center of Microfinance (Prof. Dr. Gagaring Pagalung), Direktur Alumni dan Penyiapan Karir (Abdullah Sanusi, Ph.D), dan Direktur Komunikasi (Suharman Hamzah, Ph.D).

Komentar