Preview Verona vs Juventus: Bongkar Bungker!

Sabtu, 8 Februari 2020 14:31

Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Juventus/EPA

FAJAR.CO.ID, VERONA—Juventus akan mengunjungi markas Hellas Verona di giornata ke-23 Serie A. Senjata-senjata mematikan Si Nyonya Tua harus menunjukkan performa terbaik untuk membongkar pertahanan Gialloblu.

SEKTOR belakang Verona musim ini ibaratnya sebuah bungker. Amir Rrahmani, Marash Kumbulla, Koray Gunter, atau Pawel Dawidowicz seperti benteng kokoh yang sangat sulit ditembus. Kalau bisa menerobos, penampilan trengginas kiper Marco Silvestri juga kadang membikin frustasi.

Tak mengherankan, gawang mereka baru jebol 23 kali. Jumlah itu tentu patut diperhatikan Juventus. Pasalnya, itu adalah kebobolan terkecil keempat di Serie A musim ini. Selain Juventus yang punya daftar kebobolan 21 kali, benteng Verona hanya kalah tangguh dari Inter Milan serta Lazio yang baru jebol 18 dan 20 kali.

Bungker di sektor pertahanan Verona bahkan sepertinya semakin kokoh 2020 ini. Dalam lima laga sejak 13 Januari, mereka hanya kebobolan tiga kali. Catatan impresif itu membuat mereka kini sudah tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan beruntun.

Juventus tak perlu menoleh terlalu jauh kalau ingin melihat bukti ketangguhan pertahanan calon lawannya. Cukup dua laga terakhir Verona. Dengan sepuluh pemain, anak asuh Ivan Juric menahan imbang AC Milan di San Siro. Dan terbaru, Lazio yang sepanjang musim rata-rata mencetak hampir tiga gol per laga di Olimpico Stadium juga tak mampu membongkar pertahanan Verona.

Tapi, dengan keunggulan yang hanya tiga angka atas Inter di klasemen, Pelatih Juventus, Maurizi Sarri jelas akan berusaha mencari cara membongkar bungker Verona, dinihari nanti. Senjata utamanya tentu saja adalah sang superstar, Cristiano Ronaldo.

Ronaldo yang tengah pekan kemarin merayakan ulang tahun ke-35-nya musim ini sudah mencetak 19 gol di Serie A dengan 14 di antaranya ia lesakkan di sembilan pertandingan terakhir. Streak itu menyamai rekor klub yang dipegang oleh David Trezeguet yang pada musim 2005/2006 mencetak 11 gol dalam sembilan laga beruntun.

Namun, Sarri menegaskan bahwa tumpuan gol mereka bukan semata pada CR7, julukan Ronaldo. Gonzalo Higuain, Paulo Dybala, hingga Douglas Costa menurutnya bisa menjadi kontributor gol Juve. “Dia (Ronaldo) menjadi penentu. Dia melakukan hal-hal luar biasa. Semua bagus, juga Higuain,” kata Sarri di JTV.

Yang dikhawatirkan Sarri justru energi bermain pasukannya. Karena itu, mantan pelatih Chelsea dan Napoli tersebut berharap mereka bisa melakukan yang jauh lebih baik di markas Verona yang terkenal sangat berbahaya dalam serangan balik. “Dalam hal energi, kami tidak sangat konsisten,” jelas eks bankir itu kepada Sky Sport.

Sarri yang diprediksi memakai formasi 4-3-1-2 atau 4-3-3 masih belum bisa memainkan Danilo, Merih Demiral, Sami Khedira, dan Giorgio Chiellini. Sang kapten, Chiellini sebenarnya sudah berlatih kembali untuk pertama kalinya pasca operasi ligamen anterior Agustus lalu, namun ia tentu belum siap untuk laga ini.

Di kubu Verona, tanpa cedera baru dan sanksi serta sudah bisa kembali memainkan Sofyan Amrabat di sektor gelandang, mereka siap bertempur untuk menjegal Si Nyonya Tua. Ivan Juric menegaskan, ini bakal jadi laga berat, tapi mereka siap menghadapi Ronaldo Cs.

“Tidak akan mudah untuk pulih menghadapi Juventus, karena kami bermain pada Sabtu malam (Minggu Wita). Tetapi kami juga memiliki banyak antusiasme dan adrenalin di dalam diri kami,” tegas Juric dikutip dari Tutto Mercato.

Juric lantas berbicara tentang kualitas skuat Sarri dan membandingkannya dengan Lazio yang mereka tahan imbang 0-0, tengah pekan lalu. “Saya pikir Juve secara teknis memiliki pemain-pemain superior, tetapi Lazio memiliki sesuatu yang lebih pada level fisik dan lari,” ujarnya di Juve News.

Verona hanya sekali mengalahkan Juventus sejak April 2000, yakni ketika menang 2-1 di Bentegodi pada Mei 2016. Selebihnya, hasil terbaik Verona adalah tiga hasil imbang dengan skor 2-2 yang semuanya mereka raih di kandang. Namun sekali lagi, ini adalah Verona yang berbeda dan Bianconeri mesti menghormati mereka. (amr)

Prakiraan Pemain

Komentar