Tiga Kandidat Bakal Daftar Sebagai Caketum PAN

Sabtu, 8 Februari 2020 08:45

RAKERNAS III PAN : (dari kiri) Ketua Panitia Penyelenggara Yandri Susanto, Walikota Bogor Bima Arya, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, hadir pada pembukaan Rakernas III PAN 2017, di Bandung, Jawa Barat, Senin (21/8). Rakernas PAN III 2017 yang bersamaan dengan HUT PAN ke-19 tersebut, mengusung tema "Menjahit Kembali Merah Putih" dan akan berlangsung 21 hingga 23 Agustus 2017 ini, diantaranya akan membahas strategi pemenangan menghadapi Pilkada Serentak 2018 dan konsolidasi awal pencalegan mulai dari Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Pusat, serta sikap dan aksi partai terkait nama-nama yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Foto : Tedy Kroen/Rakyat Merdeka

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Sekretaris Panitia Pengarah (Steering Committee) Kongres V PAN 2020 Saleh Partaonan Daulay menyebutkan ada tiga calon Ketua Umum PAN periode 2020—2025 yang akan mendaftar pada hari Sabtu (8/2).

Ia menyebut nama kader PAN, yakni Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Drajat Wibowo, sedangkan Zulkifli Hasan lebih memilih untuk mendaftar di Kendari pada hari Senin (10/2).

“Setelah pengesahan tata tertib pemilihan, mereka nanti akan langsung ditetapkan menjadi calon ketua umum,” kata Saleh dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (7/2).

Setelah itu, kata dia, mereka akan diminta untuk menyampaikan visi dan misi dalam memimpin PAN 5 tahun ke depan.

Menurut Saleh, ada juga yang berpendapat sebaiknya dilakukan debat antarkandidat, kemudian usulan itu sudah dibahas di dalam rapat SC.

“Jika memang memungkinkan dan waktu tersedia, tidak tertutup kemungkinan debat dilaksanakan. Semua kandidat pun secara tidak langsung sudah menyatakan kesediannya,” kata Saleh.

Kalau ada debat, lanjut dia, perlu kelonggaran waktu karena agar debatnya berkualitas setidaknya diperlukan 4 jam.

Hal itu, kata Saleh, tentu harus dipimpin panelis-panelis yang independen dan mumpuni. Hal itu yang sedang dipikirkan oleh SC Kongres PAN.

Selain itu, Saleh mengatakan, panitia pemilihan yang ditetapkan SC kongres akan membuka pendaftaran calon ketua umum.

Komentar