Bu Risma Cabut Laporan Setelah Zikria Dzatil Minta Maaf, Ini Apresiasi Advent Dio Randy

Minggu, 9 Februari 2020 19:32

FAJAR.CO.ID, SURABAYA– Perkara ujaran kebencian (hate speech) terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memasuki babak baru. Wali kota dua periode itu ternyata tidak hanya memaafkan Zikria, pelaku ujaran kebencian terhadapnya. Risma juga telah mencabut laporannya.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran tidak menampik adanya pencabutan laporan itu saat dikonfirmasi kemarin (8/2). Menurut dia, berkas permohonan dikirim sehari sebelumnya. Kabag Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilowati yang mengirimnya. ’’Memang benar sudah kami terima,’’ katanya. Namun, lanjut dia, penyidik belum menentukan sikap.

Sudamiran menambahkan, pencabutan laporan itu tidak lantas menghilangkan proses hukum yang sudah berjalan. Sudamiran menyebut ada tahap lain yang harus dilalui. Sebab, pasal yang disangkakan kepada tersangka bukan hanya delik aduan. ’’Delik murninya ada,’’ jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pencabutan laporan itu hanya akan menjadi bahan pertimbangan bagi penyidik untuk menentukan sikap. Menghentikan penyidikan atau melanjutkan pemberkasan. ’’Yang pasti, berkas perkara hampir selesai,’’ tuturnya.

Mantan Kasubdit Tipikor Polda Jatim tersebut menambahkan, pihaknya harus melakukan gelar perkara lebih dulu untuk mengambil keputusan selanjutnya. Sudamiran menyebut prosesnya paling cepat baru bisa dilangsungkan pekan depan. ’’Dalam kesempatan itu, fakta-fakta yang didapat sejauh ini akan dipertimbangkan,’’ ucap polisi dengan dua melati di pundak tersebut.

Kuasa Hukum Zikria, Advent Dio Randy, secara terpisah mengapresiasi langkah yang diambil wali kota. Risma, kata dia, sudah menunjukkan sikap sebagai pemimpin yang benar. Dia mau mengesampingkan sakit hatinya demi sebuah babak baru. ’’Klien memang bersalah. Harus diakui. Namun, proses hukum terhadapnya bukan jalan terbaik,’’ ungkapnya.

Komentar