DPRD Makassar Minta Layanan Puskesmas Makin Membaik, Jangan Sekadar Kejar Akreditasi

Minggu, 9 Februari 2020 14:17

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan melakukan evaluasi terhadap puskesmas milik pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. DPRD Kota Makassar meminta agar pelayanan di puskesmas semakin ditingkatkan.

Saat ini, 46 dari 47 puskesmas yang ada di Kota Makassar telah mendapatkan akreditasi dari Kemenkes RI. Baik akreditasi tingkat dasar, madya, utama dan paripurna.

Puskesmas yang telah terakreditasi akan dievaluasi kembali oleh kementrian setiap tiga tahun sekali. Itu merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 46/2015.

Berdasarkan data yang dihimpun, dari 46 puskesmas yang telah terakreditasi tercatat ada sekitar 14 puskesmas yang akan diakreditasi ulang atau re-akreditasi tahun ini. Jika tidak mampu bertahan siap-siap turun kelas.

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Makassar, Saharudin Said mengatakan, standar pelayanan puskesmas di Makassar diakui belum maksimal sejauh ini. Kekurangan itu mengenai kelengkapan alat kesehatan, utamanya pelayanan.

“Kita minta agar puskesmas ini bisa meningkatkan pelayanan. Bukan karena mau di akreditasi atau apa,” ucap Saharudin Said, Minggu (9/2).

Makanya, sambung Saharudin Said, dirinya bersama komisi D berjuang mengenai anggaran untuk kesehatan. Berdasarkan pantauannya, masih ada sejumlah puskesmas yang memang perlu pembenahan, dalam hal ini pelayanan dan sarana-prasarana.

“Kita imbau dan saran agar Pemkot tetap memperhatikan anggaran. Tujuannya, bisa memperbaiki puskesmas yang menjadi pelayanan dasar untuk masyarakat,” ungkapnya.

Komentar