Jaga Kesehatan Paru-paru, Konsumsi 10 Makanan Ini

Minggu, 9 Februari 2020 19:51

FAJAR.CO.ID– Paru-paru adalah organ tubuh yang memainkan peran penting dalam membantu fungsi tubuh dengan baik. Dengan meningkatnya polusi udara dan populasi yang merokok, penyakit pernapasan telah meningkat drastis.

Terlalu banyak terpapar polusi udara dapat menyebabkan lendir berkumpul di paru-paru yang membuat dada anda terasa penuh dan sesak.

Berikut makanan terbaik untuk paru-paru sehat sebagaimana dikutip dari laman boldsky.

Apel

Apel mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang dikenal untuk mengurangi peradangan di lorong udara.

Teh Hijau

Teh hijau sarat dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru dan meningkatkan penyembuhan. Quercetin antioksidan bertindak sebagai antihistamin alami yang memperlambat pelepasan histamin yang menyebabkan gejala alergi.

Sebuah studi pada 2017 menemukan bahwa 1.000 orang dewasa di Korea yang minum dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum teh hijau.

Ikan

Ikan seperti makare, trout, sarden dan herring dapat membantu mengobati penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK).

Menurut para peneliti di fakultas kedokteran dan kedokteran gigi Universitas Rochester, asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan dapat membantu tubuh melawan infeksi paru-paru.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan super lain untuk paru-paru. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, kacang walnut, pistachio, kacang Brasil dan hazelnut serta biji-bijian seperti biji labu, biji rami dan biji bunga matahari memberikan tubuh anda banyak magnesium.

Komentar


VIDEO TERKINI