Robek Trump

Minggu, 9 Februari 2020 16:25

Maka orang Amerika lebih senang memanggilnya Peter. Lebih mudah diucapkan.

Umur Buttigieg baru 36 tahun. Sangat muda –di mata Biden maupun Bernie Sander. Apalagi di mata Donald Trump.

Jabatan terakhir Buttigieg pun ‘hanya’ wali kota. Itu pun bukan kota besar: South Band. Yakni kota kecil yang terletak di batas paling utara negara bagian Indiana. Letaknya lebih dekat ke Chicago daripada ke Indianapolis – -kota terbesar di Indiana.

Buttigieg baru saja mengakhiri masa jabatannya yang kedua sebagai wali kota. Tapi ide-idenya besar. Kalangan liberal lebih menyukai Buttigieg dari calon Demokrat lainnya.

Yang mungkin akan jadi halangan adalah: ia seorang gay. Sudah kawin dengan sesama laki-laki. Buttigieg sendiri yang mengumumkan bahwa dirinya gay.

Minggu depan akan ada kaukus Demokrat lagi. Kali ini di negara bagian New Hampshire. Kalau di sini pun Buttigieg yang menang rasanya sudah waktunya Joe Biden mundur dari pencalonan.

Sampai sekarang Trump belum mengincar Buttigieg sebagai lawan di pilpres nanti. Trump masih menganggap lawan terkuatnya hanya Biden.

Maka di babak ke-4 nanti bisa jadi Trump akan menang lagi. Dengan mudah pula.

Memang pernah ada: yang sudah kalah telak di babak tiga tapi berhasil membalikkan skor di babak 4. Tapi itu di American Football. Yakni tim dari Kansas City.

Komentar


VIDEO TERKINI