Bambang Widjojanto Tuding Dewas KPK Tak Bertaji

Senin, 10 Februari 2020 10:58

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto atau BW berharap Dewan Pengawas (Dewas) KPK segera menelusuri polemik pengembalian penyidik Kompol Rossa Purbo Bekti ke insitusi asalnya, Mabes Polri.

BW mempertanyakan posisi Dewan Pengawas KPK lantaran hingga saat ini terkesan tak memiliki taji dalam mengawasi kinerja KPK. Ia mengingatkan, jangan sampai rekam jejak mumpuni di bidang hukum yang dimiliki seluruh anggora Dewas hanya sebagai identitas belaka.

“Quo vadis Dewas KPK? Semoga bisa hadir secara kongkrit dan menunjukan ‘kewarasan’ nuraninya dan tak percuma ‘menyandang’ nama besar,” ujar BW dalam keterangannya, Minggu (9/2).

BW mengungkapkan, pengembalian Rossa ke Polri tak bisa sekadar dianggap sebagai permasalahan manajemen belaka. Ia menduga, terdapat isu konflik kepentingan yang diduga dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

“Ada pertanyaan dasar yang harus dijawab, siapa yang paling punya kepentingan untuk mengembalikan Kompol Rossa? Dan siapa di KPK yang kepentingannya paling terganggu?” ucap BW.

BW menyatakan, Firli Bahuri dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pernah menyatakan adanya penarikan pegawai yang ditugaskan oleh Polri sebagai alasan memulangkan Rossa.

Padahal, menurut dia, Polri secara kelembagan telah mengeluarkan dua surat pembatalan penarikan dan jawaban agar Rossa tetap bertugas di KPK lantaran masa penugasannya belum selesai.

Komentar