Korps Revolusi Islam Iran Luncurkan Rudal Ra’ad-500,

Rekaman dari kantor berita Iran Press yang dikelola negara menunjukkan rudal Raad-500. foto: Iran Press/AFP

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Iran pada hari Minggu meluncurkan rudal baru dengan mesin komposit serta mesin generasi baru untuk mendorong rudal dan pembawa satelit.

Dilansir iranian, Senin, 10 Februari, Dalam sebuah upacara di Teheran, Panglima IRGC Mayor Jenderal Hossein Salami dan Komandan Angkatan Udara IRGC Brigjen Amir Ali Hajizadeh meresmikan jalur perakitan yang menghasilkan rudal “Ra’ad-500” (petir-500) yang dilengkapi dengan mesin komposit canggih yang dijuluki “Zohair ”.

Rudal baru Iran dilengkapi mesin yang terbuat dari komposit serat karbon, yang memungkinkan perisai mesin untuk menahan tekanan hingga 100 bar dan suhu setinggi 3.000 derajat Celcius, dan juga mengurangi total berat rudal secara dramatis.

Berkat bahan komposit, berat Ra’ad-500 telah berkurang setengah dibandingkan dengan rudal Fateh-110 yang memiliki tubuh logam, tetapi jangkauannya telah diperpanjang hingga 200 kilometer.

Penggunaan dua teknologi, yaitu pelindung engine komposit dan nozzle bergerak, telah memungkinkan penggunaan mesin propelan padat di luar atmosfer.

Televisi pemerintah mengatakan rudal balistik jarak pendek baru ini dapat mencapai hingga 500 km (310 mil). Itu sekitar 200 km (124 mil) lebih jauh dari Fateh-110, rudal balistik darat-ke-darat pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 yang berbobot dua kali lipat dari rudal baru.

Pencapaian baru ini memungkinkan Iran untuk memproduksi pembawa satelit ringan dengan propelan padat, menghasilkan rudal permukaan-ke-permukaan dengan area penampang radar kecil, meningkatkan kemampuan manuver rudal untuk mengalahkan sistem pertahanan rudal, dan mengurangi biaya dan kompleksitas produksi misil. (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...