Tegang, Taiwan Adang Pesawat Pembom Tiongkok dengan Jet Tempur

Senin, 10 Februari 2020 19:15

Pesawat pembom H-6 milik Tiongkok (atas) dibayangi jet tempur F-16 milik Taiwan (bawah) (Reuters)

FAJAR.CO.ID– Saat virus Korona jenis baru mewabah di Tiongkok dan sejumlah negara lainnya, ketegangan justru muncul di atas Taiwan.

Pihak Taiwan geram setelah Tiongkok menerbangkan pesawat pembom H-6 dan jet tempur J-11 dan mengitari kawasan udara pulau yang diklaim Tiongkok sebagai miliknya tersebut.

Tak pelak, aksi sepihak Tiongkok tersebut dikecam oleh Taiwan. Menteri Pertahanan Taiwan menyebut itu sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas wilayah tersebut.

Sebagai langkah pencegahan, Angkatan Udara Taiwan memerintahkan jet tempur F-16 untuk terbang dan melakukan pengadangan.

Dalam foto yang dirilis Reuters dan dari Kantor Berita Pusat Taiwan, jet tempur F-16 Taiwan membayangi salah satu pesawat pembon H-6 milik Tiongkok. F-16 milik Taiwan yang diterbangkan tersebut membawa roket yang siap diluncurkan.

Tiongkok sendiri mengklaim melakukan penerbangan sebagai latihan pengepungan pulau. Itu telah dilakukan secara sporadis sejak 2016 saat pemimpin Taiwan, Tsai Ing-wen menjabat untuk pertama kalinya.

Hal itu sebagai antisipasi adanya dugaan Tsai melakukan tindakan di luar batas. Tiongkok meyakini Tsai, yang terpilih kembali bulan lalu, berhasrat mendesak kemerdekaan formal pulau tersebut. Tsai disebut Tiongkok berkata bahwa Taiwan adalah negara merdeka yang bernama resmi Republik China.

Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan jet tempur J-11 dan pesawat pembom H-6 milik Tiongkok terbang menuju Teluk Bashi menuju selatan Taiwan, lalu keluar memasuki lautan Pasifik sebelum kembali ke pangkalan lewat Selat Miyako. Pangkalan tersebut terletak antara Pulau Miyako dan Okinawa Jepang, menuju timur laut Taiwan.

Bagikan berita ini:
9
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar