Minum Rebusan Biji dan Daun Ketumbar, Ini 7 Manfaatnya

Selasa, 11 Februari 2020 11:27

FAJAR.CO.ID– Mengonsumsi pengobatan herbal, bisa dibuat sendiri di rumah dan murah. Salah satunya dengan membuat rebusan biji dan daun ketumbar.

Ketumbar dikenal sebagai tanaman Coriandrum sativum. Biji ketumbar memberikan rasa khas pada masakan agar menjadi lezat.

Dilansir dari University Health News, Selasa (11/2), batang, daun, biji, dan akar tanaman ketumbar semuanya memiliki kemampuan penyembuhan dan dapat membantu dalam perawatan masalah pencernaan, nyeri sendi, batuk, bronkitis, peradangan, rematik, dan keluhan umum lainnya. Dalam laman Organic Facts disebutkan ketumbar kaya kandungan serat, magnesium, mangan, protein, dan zat besi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Ketumbar memiliki 11 komponen minyak esensial dan enam jenis asam, termasuk asam askorbat atau vitamin C seperti yang disebutkan dalam Database Nutrisi Nasional USDA.

Lalu apa saja manfaat konsumsi rebusan ketumbar secara rutin?

Perbaiki Kerusakan Oksidatif

Ketumbar adalah sumber antioksidan yang kuat. Senyawa fenolik seperti katekin, alkana, apigenin, dan lanalool membantu menangkal radikal bebas.

Melawan Kanker

Antioksidan dalam ketumbar bisa membantu mengobati kanker. Ekstrak dari akar tanaman itu telah terbukti menghambat kerusakan DNA, mencegah migrasi sel kanker, dan mendorong kematian sel kanker dalam studi laboratorium. Pengamatan dari studi 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Cellular Biokimia menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar membantu menghambat invasi dan migrasi sel. Penelitian ini masih butuh tahap lanjutan.

Komentar