Minum Rebusan Biji dan Daun Ketumbar, Ini 7 Manfaatnya

Selasa, 11 Februari 2020 11:27

Obati Diabetes

Sebuah studi dalam Journal of Food Science menemukan bahwa ekstrak dari batang ketumbar dan daun menurunkan kadar gula darah pada tikus di laboratorium. Antioksidan dalam ketumbar bisa digunakan sebagai anti-diabetes ini.

Menurunkan Kolesterol

Ekstrak ketumbar menyebabkan penurunan kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida pada tikus yang diberi diet tinggi kolesterol. [2] Efek serupa juga terlihat pada tikus diabetes dengan profil lipid tinggi; suplemen ketumbar menghasilkan kolesterol LDL dan trigliserida yang lebih rendah. Biji ketumbar mengandung asam bermanfaat seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C). Senyawa ini sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah seperti disebutkan jurnal Environmental Biology. Sehingga bisa mengurangi risiko serangan jantung, aterosklerosis, dan stroke.

Lawan Infeksi

Ketumbar memiliki efek antijamur dan antimikroba yang kuat. Dalam sebuah penelitian, minyak atsiri ketumbar menghasilkan efek antijamur yang kuat terhadap Candidaspecies, yang bertanggung jawab atas infeksi jamur. Para peneliti percaya bahwa ketumbar memiliki kemampuan untuk menghancurkan dinding sel patogen. Hasil dari satu penelitian menemukan bahwa minyak ketumbar efektif sebagai antibakteri.

Detoksifikasi Racun

Ketumbar dapat melindungi tubuh dari keracunan zat-zat berbahaya. Karena dapat bertindak sebagai agen detoksifikasi yang kuat, membersihkan tubuh dari logam beracun.

Meningkatkan Daya Ingat

Komentar