Pemprov Sulbar Harap Sinergitas BPK Berlanjut

FAJAR.CO.ID, MAMUJU–Melalui gelaran serah terima jabatan di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulbar siang tadi, Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Sulbar, Muh Toha Arafat resmi menjalankan tugas.

Pejabat lama Eydu Oktain Panjaitan yang kini menjabat Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Sumatera Utara telah meninggalkan kesan positif sejak bertugas pada 2017 di Sulbar. “Banyak prestasi yang ditinggalkan Pak Eydu, salah satunya mengawal kita (pemprov) meraih WTP walau dengan beberapa catatan. Kedepan kita harapkan sudah tidak ada catatan-catatan,” kata Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar dalam sambutan sertijab siang tadi.

Hal sama disampaikan Gubernur Sulbar periode 2006-2016, Anwar Adnan Saleh yang hadir dalam gelaran sertijab siang tadi. Dia menyampaikan pengalamannya memimpin Sulbar sampai meraih WTP tercepat di antara 33 provinsi adalah karena sinergitas dan komunikasi yang terbangun efektif. “Saya sampaikan kepada SKPD jalankan proses sesuai aturan. Bahwa BPK itu bukan untuk ditakuti, tetapi bangun komunikasi,” kata Anwar.

Bukan saja WTP tercepat tetapi terbaik tanpa catatan dari 33 Provinsi pada 2014 dan mendapat apresiasi maupun reward dari presiden dalam hal ini Menkeu berupa uang tunai Rp43 M. Hal itu merupakan hasil dari sinergi yang terbangun antara Pemprov dan lembaga terkait secara profesional dan terukur sesuai aturan dan mekanisme yang dibenarkan.

“Serta tidak kalah pentig kamampuan/kecerdasan mengelola dan mengendalikan jalannya Pemerintahan secara baik dan terintergrasi,” kata Anwar.

Dia sendiri menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Eydu, dan berharap kepada Kepala Perwakilan BPK yang baru juga melanjutkan koordinasi dengan pemerintah daerah secara lebih baik lagi. Hadir dalam sertijab ini Ketua DPRD Sulbar St Suraidah Suhardi, Kajati Sulbar Dharmawel Aswar, Bupati Mamuju Suhardi Duka, Bupati Majene Fahmi Massiara, Wabup Pasangkayu H Saal, Wabup Mamuju Tengah Amin Jasa dan Sekda Mamasa serta perwakilan Pemkab Polman. (nur/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...