Pencari Kerja

Selasa, 11 Februari 2020 10:03

Bupati Takalar , Peserta International Visitor Leadership Program (IVLP)

Oleh Syamsari Kitta, Washington DC

FAJAR.CO.ID– Gedung ini dipenuhi anak muda. Tidak seperti gedung-gedung yang kami datangi sebelumnya; berpakaian formal dengan kemeja, dasi dan jas.

Gaya pakaian mereka lebih kasual dan santai. Setelah dipersilakan memasuki gedung, terlihatlah sejumlah kelompok anak muda yang sedang mempersiapkan bahan ajar.

Di beberapa bagian lain di gedung ini, terlihat kelas-kelas belajar yang dipenuhi peserta dengan usia yang tampak jelas lebih muda lagi.

Siapakah mereka? Mereka anak muda yang berusia antara 14 sampai dengan 19 tahun.

Mereka tengah mendaftar untuk mengikuti pelatihan persiapan memasuki dunia kerja. Bayangkan, sejak dari usia SMP sudah disiapkan untuk menjadi tenaga kerja profesional. Jumlahnya tidak main-main, sekitar 400 orang setiap angkatan dilatih selama enam pekan.

Saat libur musim panas, jumlahnya mencapai 29 ribu orang. Anak-anak muda tersebut dilatih oleh sebuah LSM lokal di Distrik Columbia, tetangga Washington DC, bernama The Marion Barry Youth Leadership Institute (MBYLI).

Mereka diberikan materi kepemimpinan dan pengembangan diri sebagai tahap penyiapan mental. Selanjutnya, para peserta akan mengikuti orientasi lapangan di kota-kota di AS, berdiskusi dengan pemerintah lokal dan penduduk setempat tentang penciptaan pelayanan publik yang baik, mengunjungi universitas, pelaku industri, bahkan diajak ke luar negeri untuk memperluas wawasan.

Komentar