Pencari Kerja

Selasa, 11 Februari 2020 10:03

Bupati Takalar , Peserta International Visitor Leadership Program (IVLP)

Sebagai sebuah LSM yang berdiri sejak 1979, MBYLI bekerjasama dengan pemerintah lokal dan berbagai stakeholder untuk memberikan pengetahuan teoritis, pengenalan kepada dunia industri dan pelayanan publik, serta pengalaman bekerja kepada para peserta.

Model penyiapan tenaga kerja ini tidak hanya ditemukan di Distrik Columbia, tetapi juga ada di setiap kota di AS. Itulah yang disampaikan kepada kami oleh seorang anggota Arlington County Board (DPRD ala Indonesia) di Negara Bagian Virginia.

Di Arlington-Virginia inilah didirikan markas Amazon, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Kesibukan para pencari kerja untuk mengikuti pelatihan sejenis ini bukanlah tanpa alasan. Persaingan di AS sangatlah ketat dengan standar rekrutmen para pekerja di sektor swasta dan lembaga pemerintahan yang terbilang cukup tinggi.

Oleh karenanya, para pencari kerja itu harus memiliki kualifikasi yang tinggi. Ya, inilah Amerika Serikat yang berpenduduk hampir 330 juta jiwa.

Para petinggi yang kami temui, baik itu anggota Kongres, Dewan Kota, Pejabat eksekutif, petinggi lembaga think tank, akademisi, para aktivis LSM mengakui bahwa mengelola potensi sumberdaya manusia sebanyak itu bukanlah pekerjaan gampang.

Dengan adanya kesadaran kolektif seperti itu maka pemerintah, swasta dan semua stakeholder bahu membahu membangun tata kelola yang efektif dan efisien dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) di AS.

Komentar


VIDEO TERKINI