Pencari Kerja

Selasa, 11 Februari 2020 10:03

Bupati Takalar , Peserta International Visitor Leadership Program (IVLP)

Mereka saling mendukung dalam penyiapan tenaga kerja yang berkualitas.

Alhasil, tingkat pengangguran di AS yang meroket hingga 10% setelah Krisis Ekonomi 2008, bisa dikurangi perlahan hingga kini mencapai angka ‘hanya’ 3,6 %. Berkat sistem yang ada pula, tenaga kerja yang dihasilkan bukan hanya terserap di dalam negeri tetapi juga dapat bersaing di dunia internasional.

Pengelolaan SDM yang baik sangatlah diperlukan karena akan menjadi pembangkit ekonomi negara. Sebaliknya, jika tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi beban negara. Manusia harus “dibentuk” menjadi inti dari kemajuan. Manusialah yang memiliki kemampuan untuk mendesain sistem yang efektif dan efisien, melakukan inovasi dan menciptakan teknologi.

Adalah hal yang lumrah untuk bercermin pada kesuksesan warga AS dalam mengelola para pencari kerja dan berusaha mencari format yang tepat sesuai dengan kearifan lokal dan kemampuan yang kita miliki di Indonesia.

Apalagi, Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia dan akan mengalami puncak bonus demografi pada tahun 2030 karena pada tahun itu angka rasio ketergantungan Indonesia akan mencapai angka terendah, yaitu 44%, artinya jumlah kelompok usia produktif (15-64 tahun) jauh melebihi kelompok usia tidak produktif (anak- anak berusia14 tahun kebawah dan orang tua berusia 65 tahun ke atas).

Komentar