Terungkap, Mohamed Salah ke Liverpool bukan Karena Klopp

Selasa, 11 Februari 2020 21:39

Mohamed Salah / Reuters

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Sukses Liverpool dua musim terakhir disebut-sebut karena keputusan Manajer Juergen Klopp mendatangkan pemain kunci. Salah satunya Mohamed Salah yang menjadi lumbung gol mereka.

Namun, itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Kepala eksekutif Liverpool, Peter Moore telah mengungkapkan proses penandatanganan Mohamed Salah dari AS Roma pada 2017 sama sekali bukan karena Klopp. The Reds mengontrak pemain depan Mesir itu dengan harga £ 36,9 juta.

Moore mengungkapkan bagaimana tim analisis klub yang mendorong untuk menandatangani pemain berusia 27 tahun dan bukan Klopp. Dan mereka membuktikan sejauh ini bahwa analisis itu cukup cerdas.

Salah berkembang menjadi salah satu penyerang hebat sepanjang masa klub. Ia kini bahkan sudah mencetak 89 gol dalam 137 penampilan. “Mo adalah kisah yang hebat. Dia datang dari Roma dan itu adalah tim analisis olahraga yang melihatnya,” ungkap Moore seperti dikutip dari TEAM Talk.

Awalnya, kesepakatan membeli Salah terlihat seperti pertaruhan. Itu setelah Salah gagal menjadi pilihan utama di Chelsea. Salah hanya mencetak dua gol dalam 19 pertandingan dan dipinjamkan ke Fiorentina dan Roma. Pada 2016, ia pindah permanen ke Roma dengan biaya yang dilaporkan € 15 juta. Di Roma, Salah melesakkan 29 gol dalam 65 penampilan. “Jelas, orang melihatnya dari Chelsea – ingat, dia adalah pemain Chelsea dan mereka membiarkannya pergi,” kata Moore kepada Soccer Laduma. “Dia pergi ke Fiorentina dan berakhir di Roma, tetapi ada sesuatu, secara analitis, yang dilihat oleh tim ilmu olahraga kita di dalam dirinya dan kemudian muncul namanya di urutan teratas daftar,” jelasnya. Menurut Football Benchmark pada bulan Oktober, Salah adalah penyerang sayap kanan paling berharga di Liga Premier. Dan dengan sekitar 160 juta euro ia juga pemain paling berharga di negara ini. (amr)

Bagikan berita ini:
3
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar