UNBK Maret Diikuti 133.384 Siswa, Disdik Sulsel Jamin Semua Sekolah Bisa Gelar

Selasa, 11 Februari 2020 09:50

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/SMK digelar bulan depan. Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel jamin fasilitas lengkap.

Plt Kepala Disdik Sulsel, Basri mengatakan, tahun ini pihaknya menjamin semua sekolah tingkat SMA/SMK sudah bisa menggelar UNBK secara mandiri. Termasuk di daerah-daerah remote are atau kawasan terpencil.

“Ada 37 sekolah yang masuk remote area. Ada 31 SMA dan 6 SMK di 13 kabupaten. Semuanya juga bisa menggelar UNBK mandiri,” ungkapnya.

Kata dia, peralatan terutama komputer sudah siap. Bahkan kawasan seperti SMA di Seko tak perlu lagi siswanya ke Masamba hanya untuk UNBK. Termasuk SMA di pulau-pulau wilayah Pangkep dan Selayar yang kadang harus ditempuh 12 jam dari ibu kota kabupaten juga sudah disiapkan sarananya.

“Kita sudah rancang untuk akses internet via satelit. Jadi siswa di pulau tak lagi kesulitan UNBK. Bahkan di pegunungan perbatasan Toraja dan Mamasa yang ditempuh 14 jam dari Makale, juga sudah bisa UNBK mandiri,” tuturnya.

Sementara, Kabid Pembinaan SMA Disdik Sulsel, Sabri menambahkan, tahun ini pelaksanaan UNBK untuk SMK dimulai 16-19 Maret nanti. Kemudian untuk tingkat SMA akan digelar 30 Maret hingga April. SMK memang akan lebih dahulu menggelar UNBK.

“Total calon peserta mencapai 133.384 siswa. Rinciannya 73.895 siswa SMA, MA ada 19.372 siswa. Kemudian SMK ada 40.117 siswa,” jelasnya. (fik/fajar)

Komentar