Crutchlow Heran Hasil Tes MotoGP Sepang, Rossi Singgung Pensiun

Rabu, 12 Februari 2020 10:23

Valentino Rossi/Crash

FAJAR.CO.ID, SEPANG—Pembalap Honda, Cal Crutchlow heran melihat hasil tes MotoGP Sepang. Meski tidak pernah mengendarai sepeda motor apa pun sejak tes Jerez November lalu, ia bisa mencatatkan waktu lap tercepat kedua.

Catatan waktu rider Inggris itu hanya terpaut 0,082 dari Fabio Quartararo. Bagi pembalap LCR Honda tersebut, hasil itu cukup aneh baginya. Alasannya, ia tidak melakukan apapun jelang tes ini.

“Saya pikir tangan saya terlihat dalam kondisi terbaik dibandingkan dengan orang lain dan saya merasa baik-baik saja. Saya tidak benar-benar melakukan apa pun lalu kembali dan menjadi kompetitif. Memasuki musim, saya tahu saya masih memiliki kecepatan sehingga selalu positif,” ujarnya di Crash.

Meskipun demikian, beberapa hal diakuinya lebih buruk dari musim lalu. “Mencatatkan waktu lap yang cepat dan menyelesaikan di podium adalah cerita yang berbeda. Karena saya yakin Anda pernah melihat bahwa hari ini ada orang-orang yang cepat yang mungkin tidak berada di dekat podium sepanjang tahun,” jelasnya.

Crutchlow sendiri menegaskan, ia memiliki potensi untuk berada di podium lagi tahun ini kendati saat ini ia mengaku sedikit mendapat kesulitan. Menurutnya, mereka perlu meningkat lagi.

“Kami memiliki dua situasi berbeda yang terjadi, saya pikir satu adalah sasis dan satu adalah mesin. Dan kami perlu menyelesaikan keduanya. Kita lihat saja nanti. Saya senang dengan mesin pada akselerasi dan lurus,” ujar Crutchlow.

Rider Yamaha, Valentino Rossi sementara itu mencatatkan waktu lap tercepat kelima di Tes MotoGP Sepang. “Saya senang dengan posisi kelima dan ini adalah tes positif. Seperti ini, saya suka. Ini adalah upaya besar. Saya kompetitif sehingga itu positif,” tegasnya.

“Saya merasa cukup baik karena kami membaik. Memang benar bahwa semua orang kuat, setiap orang memperbaiki waktu putaran dan kami semua sangat dekat. Tapi perasaannya positif karena sepertinya kami mendapat cengkeraman. Dan sepertinya kami memperbaiki degradasi ban belakang, yang merupakan masalah utama kami. Tapi itu hanya satu lintasan, jadi sekarang kami harus memeriksa di Qatar,” lanjutnya.

Pembalap gaek Italia itu juga membahas rencana pensiunnya. Rossi menegaskan dia hanya akan melanjutkan kariernya jika dia yakin dia bisa kompetitif. Namun pembalap Italia itu tidak akan mendasarkan keputusannya, baik pensiun atau berlomba dengan satelit Yamaha, pada hasil hanya satu tes: “Saya tidak terburu-buru,” ujarnya.

Sementara itu, rider Aprilia, Aleix Espargaro menegaskan dia bisa berjuang untuk podium jika MotoGP Malaysia berlangsung besok. “Jika balapan ada di sini besok, saya pikir saya bisa berjuang untuk podium. Tentu. Tapi kami tidak akan berlomba di sini dalam sepuluh bulan ke depan,” kata Espargaro. (amr)

Komentar