Kepala BPIP Sebut Agama Musuh Besar Pancasila, Sekjen MUI Minta Jokowi Pecat

Rabu, 12 Februari 2020 13:49

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyarankan Presiden Jokowi agar memecat Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi karena pernyataannya yang dianggap telah membenturkan Agama dan Pancasila.

“Kalau benar beliau punya pandangan seperti itu maka tindakan presiden yang paling tepat untuk beliau adalah yang bersangkutan dipecat tidak dengan hormat,” kata Abbas kepada wartawan, Rabu (12/2).

Abbas mengaku tidak mengerti pernyataan dari Yudian yang telah menjadikan agama sebagai musuh terbesar pancasila. “Bagaimana bisa seorang kepala BPIP punya pemahaman seperti itu,” kata dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Abbas juga mempertanyakan eksitensi sila pertama dalam pancasila yang telah mengakui Indonesia sebagai negara yang bertuhan.

“Lalu timbul pertanyaan kalau agama harus diberangus lalu sila pertama dari Pancasila tersebut mau dikemanakan. Dibuang ? Kalau dibuang berarti tidak Pancasila lagi dan berarti negara ini bubar,” ujar Abbas.

Oleh karenanya, Ia menyarankan agar Yudian Wahyudi dipecat dari Kepala BPIP. Sebab menurutnya, BPIP akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat jika masih dipimpin oleh Yudian.

“Sebab kalau yang bersangkutan tidak diberhentikan dan tetap terus duduk di sana maka BPIP ini sudah tentu akan kehilangan trust atau kepercayaan dari rakyat,” kata Abbas. (fin)

Komentar