Mundur Mendadak, Klinsmann Kejutkan Pemain Hertha Berlin

Rabu, 12 Februari 2020 09:50

Jurgen Klinsmann/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BERLIN—Legenda Jerman, Jurgen Klinsmann secara mengejutkan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Hertha Berlin pada hari Selasa waktu setempat. Ia menanggalkan jabatannya pasca memimpin sembilan pertandingan Bundesliga.

Mantan pelatih Jerman dan Amerika Serikat itu mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook bahwa ia memilih mundur karena merasa tidak mendapat kepercayaan penuh dari orang-orang di klub. Akibatnya, ia tidak mampu menjalankan kewajibannya dengan baik.

Klinsmann kemudian mengatakan kepada harian Jerman, Bild bahwa ia menginginkan peran yang lebih besar di Hertha dengan tanggung jawab untuk transfer, pekerjaan yang saat ini dilakukan oleh Michael Preetz sebagai manajer umum. “Dalam pemahaman saya, seorang pelatih harus memikul semua tanggung jawab untuk hal-hal olahraga, sesuai dengan model Inggris. Itu memberi pelatih posisi yang jauh lebih kuat,” kata Klinsmann dikutip dari FOX Sport. Pelatih berusia 55 tahun itu mengatakan mundur dari jabatannya bukanlah keputusan spontan. “Dalam beberapa hari terakhir kami menerima reaksi dan indikasi yang jelas bahwa situasinya tidak membaik, tetapi memburuk,” kata Klinsmann kepada Bild.

Walau mengklaim tidak spontan, keputusan Klinsmann berhenti dari pekerjaannya membuat pihak di Hertha terkejut. Para pemain dan manajer umum Michael Preetz mengaku baru mengetahui pada Selasa pagi sebelum sang pelatih membuat pengumuman di Facebook.

“Pelatih datang ke ruang ganti. Kami pikir ini tentang analisis pertandingan terakhir. Dan kemudian dia memberi tahu kami. Kami benar-benar terkejut,” kata gelandang Hertha, Marko Grujic setelah latihan.

Preetz menjelaskan, keputusan itu memang mengejutkan. Ia juga memastikan mereka sudah bekerja sama dengan baik dan memberi kepercayaan penuh pada sang pelatih mengenai transfer, khususnya  musim dingin ini. “Tidak ada tanda-tanda akan hal itu. Kami akan menginformasikan perkembangan lebih lanjut pada waktu yang tepat,” jelasnya.

Asisten pelatih Alexander Nouri akan mengambil alih tim untuk sementara waktu. Hertha sendiri saat ini masih harus berjuang menjauh dari zona degradasi Bundesliga. Saat ini, mereka hanya terpaut enam angka di atas zona degradasi. (amr)

Komentar