MWA Gelar Pertemuan 11 PTN di Unhas

Rabu, 12 Februari 2020 11:20

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Forum Majelis Wali Amanat (MWA) menggelar pertemuan dengan 11 perguruan tinggi negeri di Kampus Unhas Makassar, Rabu, 12 Februari.

Pertemuan itu mengambil tema “Optimalisasi otonomi dalam meningkatkan kemandirian PTNBH”. Ada tiga agenda penting dari pertemuan itu.

Pertama, mengkristalkan rumusan pertemuan MWA di Undip November 2019 agar dapat menjadi rekomendasi yang produktif untuk meningkatkan kemandirian PTNBH.

Kedua, perumusan kajian isu-isu strategis dimana perlu mengimplementasikan kebijakan baru untuk mendukung pendidikan tinggi yang meningkatkan daya saing bangsa dan diakui dunia internasional.

Ketiga, pembentukan sekretariat bersama mwa 11 PTNBH agar dapat menjadi wahana berbagi gagasan dan pengalaman sehingga semua PTNBH dapat saling mendukung untuk tumbuh bersama.

“Karena otonomi mutlak harus dimiliki demi terwujudnya pengelolaan universitas yang masksimal, dibarengi dengan peningkatan kinerja secara dinamis mengikuti peradaban manusia yang terus mengalami perubahan,” jelas Ketua MWA Syafruddin.

Juga pada landscape kehidupan nasional, regional, maupun global. “Saya yakini, semua perguruan tinggi telah melakukan transformasi tata kelola yang semakin profesional, cepat, efektif, adaptif agar mampu menjawab tantangan masa depan di era demokratisasi, juga memasuki era digitalisasi dan virtualisasi, serta memiliki proyeksi menjadi the world class universty,” tambahnya.

Namun kata dia, tentu “otonomi” tidak beramakna “kebebasan mutlak”, karena harus sesuai ketetuan pemerintah.

Komentar