Profesor Unhas Adakan Workshop Kiat Menjadi Peneliti Idaman

Rabu, 12 Februari 2020 23:20

FAJAR. CO. ID, MAKASSAR–Menjadi peneliti memang tidak sembarangan. Perlu passion dan pelatihan khusus. Workshop “How to be A Good Researcher” sengaja diadakan di Hotel Raising Makassar, 8-9 Februari 2020, dengan tiga tujuan.

Pertama, untuk menanamkan rasa cinta sebagai peneliti. Kedua, membangun mimpi untuk menciptakan sesuatu yang solutif. Ketiga, meningkatkan kemampuan (skills) dalam mewujudkan profesi peneliti secara bertahap.

Tampil sebagai pembicara adalah Prof. dr. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D. mantan dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas), serta Ansariadi, SKM., M.Sc.PH., Ph.D., wakil dekan bidang akademik, riset, dan inovasi FKM Unhas.

“Masyarakat yang berperadaban tinggi dapat dilihat dari tingkat kinerja dan prestasi para pemudanya,” ucap Prof Veni Hadju sambil tersenyum ramah.

Dia juga mengemukakan kisah inspiratif tentang berubahnya peradaban Jepang karena impian dan usaha pelajar PhD yang dikirim ke Jerman. Namanya Osahiro.

Guru Besar FKM Unhas ini juga menjelaskan kriteria orang cerdas menurut Syaikh Muhammad bin Faris Ats-Tsunyani. Misalnya: memiliki semangat dan cita-cita yang tinggi.rfokus pada tujuan, memiliki kepekaan otak, punya wawasan dan pengetahuan luas, selalu mencarikan dan memburu kesempatan, selalu optimis.

Peneliti Idaman

Researcher (peneliti) adalah seseorang yang berbuat dan menghasilkan sesuatu yang nantinya dapat mengubah suatu kebijakan (policy). Yang dimaksud dengan kebijakan dapat berupa: aturan, program, status, tingkat kesejahteraan, atau derajat suatu bangsa.

Komentar