Rakornis Penerangan TNI-AU, Harus Lakukan Inovasi atau Tidak Sama Sekali

Rabu, 12 Februari 2020 15:10

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.Si, memimpin Rakornis Penerangan TNI-AU.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –- Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Penerangan TNI Angkatan Udara, yang dibuka Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.Si, di Club Executif Persada Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Selasa (11/2/2020), sungguh luar biasa.

Tidak tanggung-tanggung, Rakornis yang berlangsung selama dua hari ini, mengangkat Tema: “Inovasi Dinas Penerangan TNI AU, Sekarang Atau Tidak Sama Sekali”, diikuti para Pejabat Dispenau, para Kepala Penerangan (Kapen) dan Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Jajaran TNI Angkatan Udara.

Melihat tema yang diusung, artinya segenap pejabat atau personela penerangan TNI Angkatan Udara, mau tidak mau harus berbuat melakukan inovasi. Paling tidak, melakukan pembaharuan terus menerus sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini.

Kepala Penerangan (Kapen) Koopsau II Letkol Sus Husban Abady, yang dimintai tanggapan sekaitan Rakornis yang diikutinya ini mengatakan, Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto menekankan, di zaman milenial ini, informasi sudah menjadi salah satu konsumsi utama bagi masyarakat.

“Bila informasi yang disampaikan salah, maka bisa menjadi bumerang bagi pribadi, keluarga, satuan maupun masyarakat. Jadi, masyarakat menerima informasi yang salah bisa mengakibatkan terganggunya stabilas keamanan yang berdampak pada masyarakat itu sendiri,” jelas Kadispenau seperti disampaikan Kapen Koopsau II Husban Abady.

Untuk itu, Kadispenau Fajar Adriyanto meminta, sebagai penerangan TNI AU harus bisa mengemas berita dengan baik dalam membangun TNI Angkatan Udara. “Lakukanlah inovasi karena informasi merupakan ujung tombak dalam keberhasilan tugas. Penerangan harus bisa lebih baik lagi, ciptakan inovasi-inovasi baru dalam membangun satuan,” imbuhnya.

Menurutnya, sebagai ujung tombak TNI AU, penerangan harus mampu mempublikasikan kegiatan-kegiatan TNI AU kepada masyarakat. “Jangan sampai salah dalam memberitakan TNI AU yang akan berdampak dalam pelaksanaan tugas. Apabila penerangan dapat menyebarkan informasi dengan baik maka citra TNI AU di mata masyarakat akan baik juga,” jelasnya.

Dikatakan Kadispenau, berita tepat dan akurat, maka Penerangan TNI AU akan mudah dalam melaksanakan tugas. “Kemajuan zaman sekarang ini begitu mudahnya masyarakat menerima dan menyebarkan berita, padahal berita tersebut belum tentu benar, maka penerangan harus mampu mengolah informasi secara benar dan akuntabel agar informasi yang kita publikasikan dapat membangun satuan secara positif,” terang Fajar Adriyanto.

Kesempatan ini, Kadispenau berharap kepada peserta Rakornis untuk menyerap pengetahuan seluas-luasnya, di mana para nara sumber akan menyuguhkan beberapa materi seperti; Motivasi, Wikipedia, Sosialisasi Wibsite dan fotografi Jurnalistik, serta kunjungan media ke salah satu stasiun TV. “Kita berharap, agar kedepannya para Kapen memeiliki visi dan misi yag sama dalam membangun TNI Angkatan Udara,” tegasnya.

Sementara itu, Kapen Koopsau II Letkol Sus Husban Abady, selaku peserta Rakornis menilai, Rakornispen TNI AU sangat bermanfaat dalam menyamakan persepsi para insan Penerangan TNI AU dalam mengemas setiap berita yang akan dipublikasikan kepada masyarakat utamanya berita yang berkaitan dengan kegiatan TNI Angkatan Udara, sehingga berita tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (lis)

Komentar