Terpilih Ketum PAN, Ini Agenda Zulkifli Hasan

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Mulfachri Harahap di tengah Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/02/2020). (Hendra Eka/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Setelah terpilih sebagai ketua umum PAN periode 2020–2025, Zulkifli Hasan segera menyiapkan langkah politik. Salah satunya merapat dan menjadi bagian dari pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Opsi tersebut sangat mungkin ditempuh untuk keperluan Pemilu 2024.

Sumber tepercaya Jawa Pos (grup fajar) di internal PAN mengaku yakin Zulkifli Hasan segera membawa PAN merapat ke pemerintah. Indikasi itu terlihat dari keberadaan sejumlah tokoh yang kini dekat dengan Zulhas.

Di antaranya, Asman Abnur yang pernah menjabat menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. Juga, Sutrisno Bachir yang mantan ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN). ”PAN bisa jadi akan dibawa merapat ke pemerintah. Ini pilihan rasional,” kata sumber Jawa Pos yang dekat dengan Zulkifli Hasan itu.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Zulkifli Hasan menyatakan tidak tertutup kemungkinan untuk menjadi penyokong pemerintah. Namun, lanjut dia, hal itu harus dibicarakan terlebih dahulu dengan pengurus PAN lainnya. ”Kami akan konsolidasi internal ya,” kata Zulhas, sapaan karib Zulkifli Hasan.

Yandri Susanto, loyalis Zulhas, menyampaikan bahwa opsi tersebut sangat mungkin terjadi. Namun, pilihan itu juga sangat bergantung pada permintaan Jokowi. ”Karena yang punya kewenangan untuk mengajak kan pemerintah. Kami tunggu saja,” ujar Yandri Susanto.

Sementara itu, setelah ditetapkan sebagai ketua umum PAN periode lima tahun mendatang, Zulhas langsung mengumumkan untuk menggandeng Hatta Rajasa. Ketua umum PAN periode 2010–2015 itu akan diangkat sebagai ketua majelis pertimbangan partai (MPP). Itu adalah jabatan pertama di partai yang diumumkan Zulhas.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...