Bangkai helikopter MI 17 Penerbad Mulai Dievakuasi

Kamis, 13 Februari 2020 20:10

DITEMUKAN: Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab memastikan telah menemukan puing helikopter MI-17 yang dinyatakan hilang sejak Juni tahun lalu. (Dokumen Pendam XVII/Cendrawasih )

FAJAR.CO.ID, PAPUA– Proses evakuasi bangkai helikopter MI 17 milik Penerbang TNI Angkatan Darat (Penerbad) di pegunungan Mandalan, Distrik Oskop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua dimulai hari ini. Pagi tadi, sejumlah pasukan evakuasi telah berhasi didaratkan di lokasi terdekat dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) XVII/Cendrawasih Letkol Infanteri Dax Sianturi mengatakan, penerbangan atau sortie pertama untuk evakuasi telah dilakukan pada pukul 08.30 WIB. Total ada 5 helikopter yang diterbangkan kesana untuk mengangkut pasukan.

“Tadi sudah kita terbangkang pasukan yang akan melakukan evakuasi sebanyak tiga sortie,” kata Sianturi saat dihubungi, Kamis (13/2).

Berdasarkan laporan di lapangan, saat ini sudah ada pasukan 1 Satuan Setingkat Pleton (SST) atau setara dengan 30-50 orang yang berhasil didaratkan. Mereka akan dibantu warga menuju lokasi bangkai pesawat.

Perjalanan ke lokasi harus ditempuh dengan berjalan kaki. Sebab, medan yang dilalui sangat terjal. Petugas evakuasi harus menyusuri pegunungan hingga ketinggian 11 ribu feet sebelum menemukan lokasi pesawat jatuh.

Bagikan berita ini:
7
6
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar